BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Fakta Menarik Calon Pemain Anyar Barcelona, Gustavo Maia

15-07-2020 14:20 | Yaumil Azis

Pemain Sao Paulo, Gustavo Maia. (c) Instagram @gustavomaia011 Pemain Sao Paulo, Gustavo Maia. (c) Instagram @gustavomaia011

Bola.net - Semenjak menjelma sebagai klub raksasa Eropa, Barcelona mulai memusatkan perhatiannya pada pengembangan bakat muda. Hasilnya pun mulai terlihat dalam kurang lebih satu dekade terakhir ini.

Bahkan tim akademi mereka yang dikenal dengan sebutan La Masia pun jadi ikut terkenal berkat program ini. Bagaimana tidak, La Masia telah menghasilkan talenta-talenta berbakat yang sekarang menghiasi dunia sepak bola.

Lionel Messi merupakan satu dari sekian banyak jebolan La Masia yang bersinar di pentas sepak bola. Dan baru-baru ini, Barcelona mendapatkan 'star in the making' dalam diri Ansu Fati.

Tetapi, Barcelona tidak hanya mengandalkan La Masia saja kalau menyangkut pemain muda. Mereka juga memiliki banyak 'mata' yang ditujukan untuk memantau talenta-talenta berbakat dari seluruh dunia.

Dan baru-baru ini, mereka dikabarkan akan mendapatkan jasa pemain muda asal Brasil, Gustavo Maia. Barcelona harus merogoh kocek sebesar 4,5 juta euro untuk membajak Maia dari Sao Paulo.

Pemain berusia 19 tahun itu kerap disebut sebagai permata milik Sao Paulo, sehubungan dengan kemampuan olah bola yang gemilang. Sayangnya, Maia harus memulai perjalanan karirnya di Barcelona B saat tiba di Camp Nou.

Ada beberapa fakta menarik yang Bolaneters wajib tahu soal calon pemain baru Barcelona ini. Dilansir dari Sportskeeda, berikut informasinya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Barcelona Mengalahkan Atletico dan Liverpool demi Maia

Barcelona tidak pernah setengah-setengah jika memang harus bertarung dengan tim lain untuk mendapatkan pemain muda bertalenta. Contohnya saat mereka hendak merekrut Fabian Luzzi dan Francisco Trincao dari Rayo Vallecano.

Untuk mendapatkan tanda tangan kedua pemain tersebut, Barcelona harus berduel dengan rival bebuyutannya, Real Madrid. Mereka sampai menggunakan kekuatan finansial demi mengamankan jasa Luzzi dan Trincao.

Kasus yang sama terulang saat Barcelona sedang membidik Maia. Liverpool dan Atletico Madrid diketahu juga meminati sang pemain. Namun, dengan mahar 4,5 juta euro, mereka berhasil mendepak kedua pesaingnya itu dari perburuan.

2 dari 5 halaman

Pencetak Gol yang Berbakat

Maia dikenal sebagai penggiring bola yang handal. Ia mampu melewati pengawalan ketat pemain dan bahkan bisa lolos dari kepungan lawan di lapangan. Tetapi, keahliannya tidak sampai di situ saja.

Di level pemain muda, Maia dikenal sebagai pencetak gol yang handal. Seperti yang terlihat dalam Brasil Youth Cup pada bulan Januari lalu, di mana ia masuk sebagai pengganti dan mengubah permainan.

Maia berhasil menarik perhatian penikmat sepak bola di Brasil saat masih memperkuat tim U-17 beberapa tahun lalu. Tidak tanggung-tanggung, ia mengantongi total 30 gol dari 36 penampilan bersama Sao Paulo.

3 dari 5 halaman

Lebih Mungil dari Lionel Messi

Entah kebetulan atau tidak. Pemain dengan postur tubuh yang mungil selalu handal dalam urusan menggiring bola. Salah satu buktinya adalah Lionel Messi.

Sewaktu masih remaja, Messi kerap dipandang sebelah mata karena tubuh mungilnya. Untungnya La Masia bisa mengubah pemain asal Argentina itu menjadi senjata utama Barcelona sampai detik ini.

Maia boleh mengharapkan hal serupa saat tiba di Barcelona nanti. Pasalnya, ia diketahui memiliki postur tubuh yang lebih kecil dari Messi. Dengan tinggi sekitar 165 cm dan berat 59 kg, sudah pasti Maia bakalan kesulitan untuk melawan pemain-pemain lawan yang memiliki postur lebih tinggi.

4 dari 5 halaman

Belum Pernah Tampil di Level Senior

Pengalaman bisa menjadi hambatan terbesar Maia saat bergabung dengan Barcelona. Bukan cuma belum pernah merasakan pentas sepak bola Eropa, dia bahkan belum pernah merasakan persaingan di level senior.

Performanya di level junior sendiri sudah sangat bagus. Maia berhasil mencetak delapan gol dari 20 penampilan di U-15, 30 gol bersama U-17, dan delapan dari 28 pertandingan untuk U-20 tahun lalu, meski usianya baru 18 tahun kala itu.

Sejatinya, Maia hampir mendapatkan kesempatan untuk menyicipi level senior. Namun pandemi virus Corona yang juga memberikan dampak di Brasil membuatnya harus menampung keinginan tersebut.

5 dari 5 halaman

Kerap Disama-samakan dengan Neymar

Selama ini Barcelona selalu berusaha mencari pengganti Neymar Jr. yang pindah ke PSG pada tahun 2017 lalu. Namun, baik Ousmane Dembele maupun Philippe Coutinho tak mampu menggantikan sosok tersebut.

Mungkin, Barcelona tidak menyadari bahwa mereka sudah menemukan sang pengganti di dalam diri Maia. Beberapa orang meyakini bahwa gaya bermain Maia mirip dengan pemain termahal di dunia tersebut.

Maia tidak bisa menjadi Neymar dalam beberapa bulan ke depan. Namun, jika diasah dengan baik, bisa jadi Barcelona takkan menyesali uang sebesar 4,5 juta euro yang mereka keluarkan untuk Maia.

(Sportskeeda)

KOMENTAR