5 Alasan Barcelona Bisa Juara Liga Champions 2022/2023

Aga Deta | 15 Agustus 2022, 16:45
Pemain Barcelona Raphinha melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Real Madrid, Minggu (24/7/2022). (c) AP Photo
Pemain Barcelona Raphinha melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Real Madrid, Minggu (24/7/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona mengalami kesulitan selama beberapa musim terakhir. Selain terkena krisis keuangan akibat pandemi, Blaugrana juga tidak mampu meraih prestasi yang bagus di pentas domestik maupun Eropa.

Namun, segalanya berjalan jauh berbeda di jendela transfer musim panas ini. Barcelona menjelma menjadi salah satu klub paling aktif di bursa transfer dan telah merekrut beberapa tambahan pemain berkualitas.

Itu tak lepas dari keputusan Blaugrana untuk mengaktifkan sejumlah pengungkit keuangan dengan cara menjual sejumlah saham demi mendapatkan dana segar.

Dengan kebangkitan tersebut, Barcelona merupakan tim yang sangat difavoritkan untuk memenangkan Liga Champions musim ini. Setidaknya ada lima alasan Barca layak dijagokan jadi kampiun Eropa.

1 dari 5 halaman

1. Talenta Muda Terbaik

Gelandang Barcelona Pedri. (c) AP Photo

Gelandang Barcelona Pedri. (c) AP Photo

Dalam beberapa musim terakhir, Barcelona terpaksa mengubah fokus untuk mengembangkan talenta muda. Mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa dan hasil dari upaya itu tercermin dalam munculnya pemain muda kelas dunia seperti Pedri, Gavi, dan Ansu Fati.

Pedri dan Gavi bahkan digadang-gadang menjadi pemain hebat seperti Xavi dan Andres Iniesta. Ansu Fati merupakan salah satu penyerang muda paling menarik di Eropa saat ini. Demikian pula dengan Gavi.

2 dari 5 halaman

2. Penampilan Ciamik

Momen selebrasi skuad Barcelona (c) FC Barcelona

Momen selebrasi skuad Barcelona (c) FC Barcelona

Real Madrid memenangkan Liga Champions musim lalu. Itu adalah kelima kalinya dalam sembilan musim terakhir mereka dinobatkan sebagai juara Eropa. Adil untuk mengatakan bahwa Los Blancos adalah tolok ukur yang baik yang dapat digunakan untuk mengukur peluang keberhasilan tim di kompetisi elite Eropa.

Barcelona mengalahkan Real Madrid 4-0 di Santiago Bernabeu terakhir kali kedua belah pihak bersitegang di La Liga. Tim Catalan sekali lagi mengalahkan Real Madrid, kali ini dengan skor tipis 1-0, hanya beberapa pekan lalu (24 Juli) ketika keduanya bertemu dalam pertandingan persahabatan pramusim.

Kemenangan itu membuat Barcelona bisa menjadi ukuran bagi Madrid jika keduanya bersua di Liga Champions.

3 dari 5 halaman

3. Kebangkitan Berkat Xavi

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez. (c) AP Photo

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez. (c) AP Photo

Ada beberapa yang memiliki kekhawatiran tentang apakah Xavi adalah orang yang tepat untuk jadi pelatih. Dia sudah melakukan pekerjaan yang cukup baik di paruh musim pertamanya dan Barcelona memainkan sepak bola yang sangat menarik.

Blaugarana memang mengecewakan dalam beberapa laga, namun itu menjadi pelajaran berharga bagi Xavi. Saat ini, Xavi memliki sejumlah pemain baru yang bisa diandalkan. Sepertinya Barcelona akan kembali bangkit di bawah asuhan Xavi.

4 dari 5 halaman

4. Lini Serang

Winger Barcelona, Raphinha (c) FC Barcelona

Winger Barcelona, Raphinha (c) FC Barcelona

El Barca saat ini dijejali pemain berkualitas tinggi seperti Ansu Fati, Ferran Torres, Raphinha, Ousmane Dembele, Memphis Depay, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Robert Lewandowski.

Masalah cedera beberapa pemain tidak akan berpengaruh banyak untuk kebangkitan tim yang bermarkas di Camp Nou itu. Selain itu, Barcelona juga sederet amunisi di lini sayap serta striker terbaik di dunia.

5 dari 5 halaman

5. Faktor Robert Lewandowski

Striker Barcelona, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Striker Barcelona, Robert Lewandowski (c) AP Photo

Semua menyadari, kecemerlangan Karim Benzema menjadi faktor X bagi Real Madrid dalam kemenangan Liga Champions musim lalu. Barcelona tidak memiliki pencetak gol produktif sekaliber pemain Prancis itu sejak Luis Suarez pergi pada musim panas 2020.

Masalah cedera Depay membatasi keterlibatannya musim lalu. Pierre-Emerick Aubameyang meredakan kesulitan mencetak gol mereka di paruh kedua musim ini, mencetak 13 gol dalam 23 penampilan di semua kompetisi.

Tapi Lewandowski adalah bintang yang berbeda. Dia telah meraih Sepatu Emas Eropa dalam dua musim terakhir dan merupakan pencetak gol yang andal dan produktif. Ini akan membuat Barcelona menjadi penantang teratas di Liga Champions.

Sumber: Sportskeeda
Disadur dari: Bola.com/Penulis Choki Sihotang/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 12/8/2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR