BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

2 Kontroversi Laga Getafe vs Real Madrid: Mengapa Gol Mariano Diaz Dianulir?

19-04-2021 10:35 | Asad Arifin

Duel Getafe vs Real Madrid, pekan ke-31 La Liga 2020/21. (c) AP Photo Duel Getafe vs Real Madrid, pekan ke-31 La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid sejatinya mencetak satu gol pada duel melawan Getafe di pekan ke-33 La Liga. Namun, gol yang dicetak Mariano Diaz harus dianulir wasit karena dinilai sudah dalam posisi offside.

Laga Getafe vs Arsenal digelar di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Senin (19/4/2021) dini hari WIB. Laga berjalan cukup seru, tetapi kedua tim gagal mencetak gol hingga menit akhir.

Bagi Real Madrid, hasil ini tidak cukup bagus. Sebab, mereka kini tengah bersaing dengan Atletico Madrid dan Barcelona dalam perebutan gelar juara La Liga musim 2020/2021. Madrid kini tertinggal tiga poin dari Atletico.

1 dari 2 halaman

Mengapa Gol Mariano Diaz?

Real Madrid sebenarnya mencetak satu gol. Madrid mendapatkan gol itu pada menit ke-8. Eder Militao mengirim umpan kepada Mariano Diaz yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Mariano melewati kiper sebelum menceploskan bola ke gawang.

Gol tersebut kemudian dianulir wasit. Jose Luis Munuera Montero yang berada di ruang VAR memberi saran pada wasit Jose Maria Sanchez Martinez untuk tidak mengakui gol mantan penyerang Lyon itu.

Namun, pada potongan gambar yang dijadikan dasar pengambilan keputusan itu diperdebatkan. Sebab, bola sudah lepas dari kaki Militao pada potongan gambar itu.

Fran Martinez, seorang analis keputusan wasit La Liga, menilai potongan gambar yang diambil tidak tepat. Jika mengacu pada momen saat Militao melepas bola, maka Mariano dalam posisi onside. Gol tersebut harusnya disahkan wasit.

2 dari 2 halaman

Real Madrid Harusnya Dihukum Penalti?

Pada momen lain, di menit ke-18, Getafe mengklaim penalti. Eder Militao dianggap melakukan pelanggaran pada Enes Unal. Momen itu diklaim terjadi di dalam kotak penalti.

Namun, wasit Jose Maria Sanchez tidak memberikan hukuman apa pun pada Real Madrid. Tidak ada penalti, juga tidak ada tendangan bebas dari momen tersebut.

"Ada pelanggaran dari Militao, tapi itu di luar kotak," kata pakar wasit Juan Andujar Oliver, seperti dikutip dari Marca.

Sumber: Marca

KOMENTAR