BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

12 Gelandang Rebutan 3 Tempat, Bukti Buruknya Perencanaan Skuad Barcelona?

05-05-2020 07:00 | Richard Andreas

Aksi Ivan Rakitic pada duel Barcelona vs Borussia Dortmund. (c) AP Photo Aksi Ivan Rakitic pada duel Barcelona vs Borussia Dortmund. (c) AP Photo

Bola.net - Buruknya perencanaan skuad Barcelona bisa dilihat jadi jumlah gelandang dalam tim mereka. Setidaknya ada 12 gelandang yang bakal memperebutkan 3 tempat di tim inti musim depan.

Skuad yang terlalu minim jelas tidak bagus, tapi terlalu berlebihan juga merupakan hal buruk. Hal ini membuktikan buruknya perencanaan skuad Barca. Mereka sudah membeli pemain baru sebelum membuang yang lama.

12 gelandang yang dimaksud adalah Sergio Busquets, Sergi Roberto, Frenkie De Jong, Arturo Vidal, Ivan Rakitic, Arthur Melo, Carles Alena, Riqui Puig, Francisco Trincao, Matheus Fernandes, Rafinha, dan Coutinho.

Beberapa sedang menjalani masa peminjaman di klub lain, tapi mereka akan kembali ke Barca terlebih dahulu musim depan. Ada 12 gelandang tersedia, tapi hanya ada 3 posisi di tim inti.

Situasi ini jelas tidak ideal bagi Quique Setien. Dia harus melepas beberapa pemain, sebagian gelandang bisa bermain di barisan belakang, sebagian lain bisa membantu lini serang

Apa yang akan dilakukan Barca untuk gelandang-gelandang di atas? Mengutip Sport, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Sergi Roberto

Sudah ada beberapa klub yang menanyakan statusnya, tapi tidak ada tawaran apa pun. Roberto bisa bermain di lini tengah dan bisa diturunkan sebagai bek kanan. Ada 95% kemungkinan dia dipertahankan.

Sergio Busquets

Punya gaji bagus, usia tidak lagi muda, kecil kemungkinan Busquets bakal pergi. Terlebih, dia merupakan salah satu pemain paling penting dalam skuad Barca. Dia juga punya hubungan baik dengan Setien.

Frenkie de Jong

Pembelian ambisius Barca musim panas lalu. Gelandang Belanda ini langsung dipercaya jadi pemain inti, meski belum bermain di level yang diharapkan. Biar begitu, sepertinya De Jong hanya butuh waktu.

2 dari 4 halaman

Arturo Vidal

Gelandang Chile ini mendekati usia 33 tahun dan besar kemungkinan dilepas Barca. Dia memang bisa memberikan warna berbeda pada permainan Barca, tapi tidak sampai membuat statusnya tidak tersentuh. Vidal bukan starter dan Inter Milan dikabarkan tertarik.

Ivan Rakitic

Rakitic adalah masalah untuk Barcelona. Situasinya mirip dengan Vidal, Rakitic tidak lagi muda dan gajinya begitu besar. Rakitic hanya mau meninggalkan Barca untuk pulang ke Sevilla, tapi Sevilla jelas tidak punya uang untuk transfer sebesar itu.

Arthur Melo

Arthur sudah diterpa kabar transfer yang tidak sedap. Dia merupakan salah satu gelandang berbakat di Eropa, dengan market value sebesar 50 juta euro. Masa depannya jadi tidak jelas sejak kedatangan De Jong.

3 dari 4 halaman

Francisco Trincao

Pemain baru Barca. Muda, berbakat, bisa bermani dalam peran ofensif. Blaugrana mengeluarkan 30 juta euro untuk Trincao pada Januari 2020 lalu dan dia bakal mulai bergabung di pramusim mendatang.

Riqui Puig, Alena, Matheus

Ketiganya jebolan La Masia dan seharusnya mulai mendapatkan kesempatan di tim inti. Alena bakal kembali setelah melewati masa peminjaman di Real Betis dan Puig bakal dipromosikan dari tim B Barca. Matheus pun bakal mendapatkan kesempatan pramusim bersama tim inti Barca.

4 dari 4 halaman

Philippe Coutinho

Kasus yang paling menyebalkan untuk Barca. Pihak klub terjebak dalam situasi sulit: telanjur membayar mahal, kini harus menjual dengan ahrga sebaik mungkin. Coutinho sepertinya tidak lagi masuk rencana Barca, tapi tergantung apakah ada klub besar yang mau membayar harga mahalnya.

Rafinha

Bakal kembali ke Camp Nou setelah menjalani masa peminjaman di Celta Vigo. Biar begitu, besar kemungkinan Rafinha bakal dilepas lagi. Kali ini dia mungkin menginginkan transfer permanen.

Sumber: Sport

KOMENTAR