BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

100 Hari Ronald Koeman Latih Barcelona, Ini Torehannya

28-11-2020 09:39 | Aga Deta

Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (c) AP Photo Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (c) AP Photo

Bola.net - Ronald Koeman sudah menangani Barcelona selama 100 hari. Lantas bagaimana kinerja pelatih asal Belanda itu di klub sejauh ini.

Koeman ditunjuk sebagai pelatih Blaugrana pada awal musim ini. Ia menggantikan Quique Setien yang dipecat karena gagal mempersembahkan satu pun trofi di musim lalu.

Mantan pelatih Valencia itu dikontrak selama dua tahun hingga 2022. Kedatangan Koeman diharapkan bisa mendongkrak performa Barcelona setelah babak belur pada musim lalu.

Setelah datang ke klub, Koeman menghadapi banyak masalah. Salah satunya adalah Lionel Messi ingin meninggalkan klub.

Messi pada akhirnya tetap bertahan di Camp Nou. Namun, Barcelona memutuskan untuk melepas sejumlah pemain senior seperti Arturo Vidal, Ivan Rakitic dan juga Luis Suarez.

Lantas bagaimana kiprah Koeman selama bekerja 100 hari di Barcelona? Simak dalam rangkuman berikut ini seperti dikutip dari Marca.

1 dari 6 halaman

Gaya Permainan

Pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Betis di La Liga, Sabtu (07/11/2020) malam WIB. (c) AP Photo Pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Betis di La Liga, Sabtu (07/11/2020) malam WIB. (c) AP Photo

Gaya permainan Barcelona jelas mengalami perubahan di bawah Ronald Koeman. Namun, sejauh ini Barca masih belum menunjukkan performa terbaiknya.

Tim mencoba menekan tinggi saat kehilangan penguasaan bola. Namun, saat menguasai bola mereka kesulitan untuk membuat dampak karena sirkulasi penguasaan bola yang lambat.

2 dari 6 halaman

Lionel Messi

Bintang Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo Bintang Barcelona Lionel Messi. (c) AP Photo

Salah satu tugas utama Ronald Koeman adalah mengeluarkan kemampuan terbaik dari Lionel Messi. Sayangnya, Koeman masih belum bisa melakukannya.

Hubungan Koeman dengan Messi sepertinya baik-baik saja saat ini. Namun, hal itu tidak tercermin di lapangan karena sang kapten belum tampil cemerlang.

Messi telah menyumbangkan 6 gol untuk Barcelona musim 2020/21. Namun, 5 dari 6 gol tersebut adalah hasil eksekusi tendangan penalti.

3 dari 6 halaman

Hasil

Skuad Barcelona merayakan gol Ousmane Dembele ke gawang Juventus, Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo Skuad Barcelona merayakan gol Ousmane Dembele ke gawang Juventus, Liga Champions 2020/21 (c) AP Photo

Barcelona masih belum bisa meraih kemenangan secara konsisten di bawah Ronald Koeman. Mereka meraih hasil bagus di Liga Champions tetapi kesulitan di La Liga.

Musim ini menjadi start terburuk klub di liga dalam 29 tahun. Mereka banyak kehilangan poin di awal musim.

Barcelona hanya meraih tiga kemenangan, dua imbang dan tiga kekalahan dalam delapan pertandingan di La Liga. Alhasil, mereka terpuruk di peringkat ke-13 dengan 11 poin.

4 dari 6 halaman

Sistem

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, sedang memberi instruksi pada laga melawan Celta Vigo di pekan keempat La Liga 2020/2021 (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, sedang memberi instruksi pada laga melawan Celta Vigo di pekan keempat La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Ronald Koeman juga melakukan perubahan taktik di Barcelona. Pria asal Belanda itu menerapkan 4-2-3-1 sejak awal menangani Blaugrana.

Frenkie de Jong dimainkan bersama Sergio Busquets di lini tengah. Namun, hal itu belum memberikan hasil positif di lapangan sejauh ini.

5 dari 6 halaman

Pemain Muda

Ansu Fati (c) AP Photo Ansu Fati (c) AP Photo

Ada sisi positif dari kedatangan Ronald Koeman di Barcelona. Mantan pelatih timnas Belanda itu tidak takut memainkan talenta muda.

Pemain seperti Ansu Fati dan Pedri mendapat porsi bermain yang cukup banyak sejauh ini. Mereka punya masa depan cerah dan bisa menjadi tulang punggung Barcelona di masa mendatang.

6 dari 6 halaman

Transfer

Pemain Lyon Memphis Depay. (c) AP Photo Pemain Lyon Memphis Depay. (c) AP Photo

Keinginan Ronald Koeman untuk mendatangkan pemain incarannya belum disetujui oleh manajemen Barcelona. Situasi finansial yang tidak memadai menjadi penghambat klub mendaratkan pemain baru.

Meski begitu, Koeman tidak mengeluh. Ia tetap bekerja dengan skuad yang ada dan banyak mengandalkan pemain muda.

Sumber: Marca

KOMENTAR