BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Aaron Lennon
Aaron Lennon Nama Lengkap : Aaron Lennon
Tempat Lahir : Chapeltown, Leeds, Inggris
Tanggal Lahir : 1987-04-16
Kebangsaan : 116
Posisi : 3
Bermain di Klub : 5

Aaron Lennon adalah pemain sepakbola kelahiran Leeds yang memulia karir sepakbolanya dari Leeds Academy. Selama mengasah bakat sepakbolanya, Lennon juga bersekolah di City of Leeds High School namun kemudian pindah ke Boston Spa School karena alasan lebih dekat dengan training ground tempat ia berlatih.

Lennon merupakan keturunan campuran dari ayah asal Jamaika dan ibu asal Irlandia. Ia memiliki 1 kakak laki-laki dan 1 adik perempuan dan laki-laki. Bakat hebatnya terpantau oleh seorang scout saat usianya masih 8 tahun. Lennon yang tergabung dengan tim muda Leeds United pada 2001, berhasil menembus tim utama pada 2003.

Debutnya pada 23 Agustus 2003 melawan Tottenham Hotspur menjadikannya pemain termuda dalam sejarah Premier League dengan usianya yang masih 16 tahun dan 129 hari. Sebelum itu, pada 2001 ia juga mencetak rekor pemain termuda yang telah mendapat sponsor sepatu saat usianya masih 14. Saat itu Lennon mendapatkannya dari Adidas.

Gol satu-satunya di Leeds ia ciptakan kala melawan Sunderland yang memberikan kemenangan bagi Leeds di laga Boxing Day. John Oster yang kala itu menangani Leeds tidak melihat bakat Lennon dan lebih sering menjadikannya sebagai penghangat bangku cadangan. Posisi reguler diraihnya setelah pemecatan Joh Oster dan digantikan oleh Kevin Blackwell.

Selama menjadi pemain reguler, Lennon menuai banyak pujian dari fans dan pelatih Leeds sendiri. Kecepatannya di sektor sayap kanan membuatnya menjadi pemain favorit fans Leeds. Namun sayang pada 2005, Leeds United mengalami kesulitan finansial yang membuatnya harus menjual beberapa pemain, termasuk Lennon, untuk mengurangi anggaran.

Akhirnya Tottenham Hotspur-lah yang membeli Lennon pada 15 Juni 2005 dengan harga 1 juta Poundsterling. Pada 18 Maret 2006, Lennon mencetak gol Premier League pertamanya di laga melawan Birmingham City yang berakhir 2-0 untuk kemenangan Tottenham. Penampilannya yang menjanjikan membuatnya dinominasikan sebagai PFA Young Player of the Year 2 musim berturut-turut namun kalah dari Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo.

Setelah menandatangani kontrak baru 5 setengah musim pada 8 Januari 2007, Lennon kembali dinominasikan sebagai PFA Young Player of the Year untuk musim 2008-2009 yang lagi-lagi gagal ia raih karena penghargaan jatuh ke tangan Aston Villa. Namun Lennon mendapat penghargaan tersendiri dari Tottenham yaitu 'Player of the Season' dan 'Young Player of the Year.'

Pada Maret 2009, kontraknya kembali diperbaharui. Ia menjadi pemain penting Tottenham ketika terjadi pergantian pelatih dari Juande Ramos ke Harry Redknapp. Tottenham berhasil menempati posisi kedelapan dan bahkan juga melaju ke final Piala Liga meskipun akhirnya kalah dari Manchester United.

Lennon tampil sangat baik pada 22 November 2009 dalam laga melawan Wigan Athletic dimana Tottenham menghancurkan Wigan dengan skor 9-1. Dalam pertandingan tersebut, Lennon memberi 3 assist serta mencetak 1 gol. Pada Desember 2009, Lennon mengalami cedera kunci paha yang memaksanya absen sampai awal 2010.

Di musim baru 2011-2012, Lennon mencetak gol pertamanya ke gawang Fulham. Lennon kembali disodori kontrak baru berdurasi 4 tahun pada 1 September 2012 yang membuatnya bertahan sampai 2016. Ia juga ditunjuk untuk pertama kali sebagai kapten di laga UEFA Europa League melawan Lazio.

Tim nasional Inggris juga menggunakan jasa Lennon di dalam skuatnya. Terhitung dari laga timnas U-17 sampai senior sudah Lennon mainkan. Bersama tim senior, Lennon bahkan sudah bermain di ajang Piala Dunia 2006 di Jerman. Lennon kembali masuk ke daftar 23 nama yang bermain di Piala Dunia 2010.


Oleh: Faris Faishal

Back to PROFIL PEMAIN