Wojciech Szczesny dan Cerita Sialnya di Tiga Laga Pembuka Euro

Serafin Unus Pasi | 15 Juni 2021, 18:14
Kiper Timnas Polandia dan Juventus. Wojciech Szczesny. (c) AP Photo
Kiper Timnas Polandia dan Juventus. Wojciech Szczesny. (c) AP Photo

Bola.net - Wojciech Szczesny memiliki kisah sial tersendiri di turnamen Euro. Terutama tiap laga pertama yang dijalaninya bersama Timnas Polandia.

Cerita pahit itu terjadi saat Euro 2012, 2016, dan 2020. Apakah turnamen sepak bola terbesar di Eropa itu memang tidak akrab buat Wojciech Szczesny?

Debut Wojciech Szczesny di Timnas Polandia berlangsung pada 18 November 2009. Ketika itu, pelatih Franciszek Smuda menurunkannya pada pertandingan melawan Kanada.

Debutnya saat itu adalah sebagai kiper pengganti menggantikan Tomasz Kuszczak pada babak kedua. Pertandingan dimenangi Polandia dengan skor 1-0.

Hingga sekarang, Wojciech Szczesny sudah memiliki caps di Timnas Polandia sebanyak 54 pertandingan. Ia pun berpeluang menjadi kiper dengan jumlah caps terbanyak di negaranya.

Lantas, bagaimana dengan cerita sial kiper Juventus itu pada laga pertama Polandia di tiga edisi Euro terakhir? Berikut tiga faktanya, yang Bola.net telusuri dari berbagai sumber:

1 dari 3 halaman

Kartu Merah 2012

Wojciech Szczesny (c) AFP

Wojciech Szczesny (c) AFP

Stadion Narodowy di Warsawa, Polandia, menjadi saksi bisu Wojciech Szczesny dikartu merah wasit pada laga pertama Grup A Euro 2012. Bermain menghadapi Yunani, Polandia ditahan imbang 1-1.

Wojciech Szczesny dikartu merah wasit pada menit ke-69. Mantan penjaga gawang Arsenal itu dikartu merah karena menghadang lawan yang sebentar lagi mencetak gol.

Momen itu terjadi setelah Polandia kebobolan gol penyama kedudukan. Yunani menyamakan angka lewat Dimitris Salpingidis pada menit ke-51. Sebelumnya, Polandia unggul lewat Robert Lewandowski (17').

2 dari 3 halaman

Cedera 2016

Wojciech Szczesny (c) Getty

Wojciech Szczesny (c) Getty

Di Euro 2016, Wojciech Szczesny hanya bisa bermain dalam satu pertandingan. Satu-satunya laga yang ia mainkan adalah partai pertama di Grup C antara Polandia kontra Republik Irlandia.

Penyebab Wojciech Szczesny hanya bisa bermain dalam satu pertandingan karena cedera. Ia memang bisa menyelesaikan laga pertama melawan Republik Irlandia yang berakhir dengan kemenangan 1-0 itu.

Tapi setelahnya, posisi Wojciech Szczesny digantikan kiper kedua Polandia, Lukasz Fabianski. Hingga perjalanan Polandia terhenti pada babak perempat final dari Portugal, ia tidak lagi bermain karena cedera tersebut.

3 dari 3 halaman

Bunuh Diri 2020

Wojciech Szczesny (c) AFP

Wojciech Szczesny (c) AFP

Kali ini, cerita sial Wojciech Szczesny adalah melakukan gol bunuh diri saat Polandia melawan Slovakia. Momen itu terjadi pada menit ke-18.

Wojciech Szczesny gagal mengamankan tendangan mendatar yang memantul dari pemain Slovakia, Robert Mak. Bola mengenai bahu mantan kiper AS Roma itu.

Akibatnya, bola malah masuk ke gawang sendiri. Maka jadilah momen itu dianggap sebagai gol bunuh diri oleh wasit. Lebih pahit lagi dalam pertandingan itu Polandia kalah 1-2 dari Slovakia.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR