Turki 0-3 Italia: Dominasi Azzurri di Laga Pertama Euro 2020

Asad Arifin | 12 Juni 2021, 11:15
Pemain timnas Italia merayakan kemenangan atas Turki pada laga Grup A Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Italia sukses memulai perjalanan mereka di ajang Euro 2020 dengan gemilang. Menghadapi Turki pada laga pertama ajang ini, Gli Azzurri sukses meraih kemenangan tiga gol tanpa balas.


Tiga gol kemenangan Italia pada laga yang dihelat di Olimpico Roma, Sabtu (12/06) dini hari WIB ini dicetak oleh Merih Demiral (bunuh diri), Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne.

Italia sendiri tak sekadar meraih tiga angka pada laga ini. Pertandingan ini juga menjadi ajang pameran kekuatan skuad besutan Roberto Mancini ini.

Pameran kekuatan ini sekaligus menjadi ajang penggentar bagi tim-tim lain di Piala Eropa. Mereka harus ekstra waspada dengan kekuatan Italia, yang sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata.

Apa saja kelebihan-kelebihan Italia yang mereka tunjukkan pada laga kontra Turki? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Dominasi Pertandingan

Pemain Italia merayakan gol yang dicetak Ciro Immobile (tengah) ke gawang Turki dalam laga pembuka Euro 2020 di Stadio Olimpico, Sabtu (12/6/2021). (c) AP Photo

Pada pertandingan ini, Gli Azzurri menunjukkan dominasi total terhadap Turki. Dilihat dari penguasaan bola, menurut catatan Whoscored, Italia menguasai bola sebesar 63,4 persen pada laga tersebut. Sementara, Turki hanya mencatatkan penguasaan bola sebesar 36,6 persen.

Untuk jumlah tembakan yang dilepas pun, catatan kedua tim sangat jomplang. Italia melepas 24 tembakan. Sebaliknya, Turki hanya mampu melepas tiga tembakan pada laga ini.

2 dari 3 halaman

Italia Piawai Buka Peluang Berkualitas

Penyerang Timnas Italia, Lorenzo Insigne, merayakan golnya ke gawang Timnas Turki dalam laga Euro 2020 yang dilangsungkan di Stadio Olimpico hari Sabtu (12/6/2021). (c) AP Photo

Tak hanya unggul secara kuantitas, soal kualitas serangan, Italia pun unggul jauh dari Turki. Laman Infogol mencatat bahwa Italia memiliki nilai expected goals (xG) sebesar 2,06. Peluang dengan kualitas paling besar Italia pada laga ini dimiliki oleh Immobile. Peluang yang akhirnya berbuah menjadi gol kedua Italia ini memiliki nilai xG sebesar 0,59.

Sementara, Turki -menurut laman Infogol- hanya memiliki nilai xG sebesar 0,52. Peluang terbesar Turki pada laga ini dimiliki oleh Burak Yilmaz pada menit 92. Peluang ini ditaksir memiliki nilai xG sebesar 0,43.

3 dari 3 halaman

Finishing Azzurri Jempolan

Pemain Timnas Italia, Domenico Berardi. (c) AP Photo

Bukan cuma membuat peluang berkualitas, Italia pun ciamik dalam menuntaskan peluang yang mereka miliki. Mereka sukses melepas delapan tembakan on target pada laga ini. Sementara, Turki tak sekali pun mampu melepas tembakan on target pada laga ini.

Untuk urusan memanfaatkan peluang yang mereka miliki menjadi gol pun, Italia unggul. Gli Azzurri mampu mencetak tiga gol dari peluang-peluang bernilai xG 2,06. Artinya, Italia efektif dalam memanfaatkan peluang mereka.

Hal ini berbeda 180 derajat dibanding Turki. Dari peluang bernilai 0,52, mereka tak mampu mencetak satu gol pun. Hal ini menunjukkan penyelesaian akhir mereka masih di bawah standar.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR