Terungkap! Jordan Pickford Penendang Penalti ke-6 Inggris di Final Euro 2020

Asad Arifin | 13 Juli 2021, 15:15
Aksi Jordan Pickford pada laga perempat final Euro 2020 antara Ukraina vs Inggris (c) AP Photo

Bola.net - Gareth Southgate mendapat banyak kritik atas pemilihan pemain pada adu penalti di final Euro 2020. Belakangan, terungkap bahwa Southgate menetapkan kiper Jordan Pickford sebagai penendang penalti ke-6 Inggris.


Inggris berhadapan dengan Italia di final Euro 2020, Senin (12/7/2021) kemarin. Pada duel yang digelar di Wembley, Inggris seperti akan merayakan gelar juara saat Luke Shaw mencetak gol pada menit ke-2.

Namun, Inggris tidak mampu mempertahankan keunggulan itu. Pada menit ke-67, Italia menyamakan kedudukan lewat gol Leonardo Bonucci. Laga kemudian dilanjutkan ke babak adu penalti karena tidak ada gol tercipta pada tambahan waktu 2 x 15 menit.

1 dari 2 halaman

Pickford Penendang ke-6

Pada babak adu penalti, dua penendang pertama Inggris mampu menjalankan tugasnya: Harry Kane dan Harry Maguire. Namun, tiga penendang berikutnya gagal dan Inggris pun kalah dengan skor 3-2 dari Italia di final Euro 2020.

Jelang babak adu penalti, Gareth Southgate secara khusus memainkan Marcus Rashford dan Jadon Sancho. Mereka menjadi penendang ketiga dan empat Inggris.

Dikutip dari Mirror, jelang adu penalti, Southgate menunjuk dan bicara ke masing-masing pemain yang akan mengambil penalti. Southgate berkata 'tiga' pada Rashford, dan 'empat' pada Sancho. Lalu, 'lima' ketika berada di depan Bukayo Saka.

Menariknya, Southgate berkata 'enam' ketika berada di depan Jordan Pickford. Setelah itu, pria 50 tahun berkata 'tujuh'. Namun, tidak diketahui siapa pemain yang dipilih karena dia berada di kerumunan.

Southgate kemudian berkata 'delapan' kepada Kalvin Phillips.

2 dari 2 halaman

Dapat Banyak Kritik

Gareth Southgate mendapat banyak kritik atas keputusan memilih Saka sebagai penendang kelima. Pemain 19 tahun dinilai belum cukup pengalaman untuk momen yang penting. Padahal, masih ada Raheem Sterling dan Jack Grealish sebagai opsi.

"Saya memutuskan penendang penalti berdasarkan apa yang telah kami lakukan dalam latihan dan tidak ada yang sendirian," kata Southgate.

"Kami telah menang bersama sebagai sebuah tim dan itu sepenuhnya tanggung jawab kami semua dalam hal tidak dapat memenangkan pertandingan malam ini. Dalam hal penalti, itu adalah keputusan saya dan sepenuhnya ada di tangan saya," sambung Southgate.

Sumber: Mirror

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR