Termasuk Ukraina, Ini Tim-Tim yang Paling Murah Hati di Matchday Pertama Euro 2020

Serafin Unus Pasi | 18 Juni 2021, 22:05
Timnas Ukraina di Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Matchday pertama Euro 2020 telah usai. Selusin laga di enam grup telah selesai digelar.


Sepanjang matchday pertama tercipta 28 gol dalam 12 pertandingan. Sementara, menurut data diolah dari Infogol, nilai expected goals (xG) seluruh tim pada matchday pertama mencapai 32,54.

Dari 24 tim yang berlaga di Euro 2020, ada sejumlah tim yang paling bermurah hati dalam memberikan peluang terhadap lawan untuk mengancam pertahanan mereka. Mereka banyak memberi lawan kesempatan menciptakan peluang berkualitas dalam matchday pertama. Kualitas peluang ini biasa diistilahkan dengan expected goals against (xGA).

Tim-tim manakah yang memiliki nilai xGA tertinggi pada matchday pertama Euro 2020? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Rusia

Skuat Rusia merayakan gol Aleksei Miranchuk ke gawang Finlandia, Rabu (16/6/2021) (c) AP Photo

Rusia menempati peringkat kesepuluh dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020. Infogol mencatat bahwa Rusia memiliki nilai xGA sebesar 1,6 kala menghadapi Belgia.

Nilai xGA tersebut merupakan akumulasi dari sembilan peluang Belgia ke pertahanan Rusia. Dalam laga tersebut, Rusia harus menelan kekalahan tiga gol tanpa balas dari Belgia.

2 dari 10 halaman

Slovakia

Timnas Slovakia di Euro 2020 (c) Pool via AP

Posisi sembilan dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020 ditempati Slovakia. Infogol mencatat, Slovakia memiliki nilai xGA sebesar 1,78 pada laga kontra Polandia.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari 17 peluang Polandia pada laga tersebut. Dalam pertandingan ini, kendati keteteran soal xG, Slovakia akhirnya sukses memenangi laga ini dengan skor 2-1.

3 dari 10 halaman

Turki

Timnas Turki di Euro 2020 (c) Pool via AP

Turki berada di peringkat kedelapan dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020. Menurut perhitungan laman Infogol, Turki mencatat nilai xGA sebesar 2,00 pada laga kontra Italia

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari 24 peluang Italia pada laga tersebut. Dalam pertandingan ini, Turki harus menelan kekalahan tiga gol tanpa balas kala menghadapi Italia.

4 dari 10 halaman

Ukraina

Timnas Ukraina merayakan gol Andriy Yarmolenko ke gawang Makedonia Utara, Kamis (17/6/2021) (c) AP Photo

Posisi tujuh dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020 ditempati oleh Ukraina. Laman Infogol mencatat bahwa Ukraina mencatat nilai xGA sebesar 2,1 pada laga kontra Belanda.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari 15 peluang yang diciptakan Belanda pada laga tersebut. Dalam laga ini, Ukraina harus menelan kekalahan 2-3 dari Belanda.

5 dari 10 halaman

Finlandia

Timnas Finlandia di Euro 2020 (c) AP Photo

Finlandia menempati peringkat keenam dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020. Menurut laman Infogol, pada laga kontra Denmark, Finlandia mencatatkan nilai xGA sebesar 2,1.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari 22 peluang yang diciptakan Denmark pada laga tersebut. Dalam laga ini, meski keteteran, Finlandia sukses memetik kemenangan 1-0.

6 dari 10 halaman

Republik Ceko

Timnas Republik Ceko di Euro 2020 (c) AP Photo

Posisi lima dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020 ditempati oleh Republik Ceko. Menurut laman Infogol, Republik Ceko mencatatkan nilai xGA sebesar 2,23 pada laga kontra Skotlandia.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari 19 peluang yang dicetak Skotlandia pada laga tersebut. Pada laga ini, kendati murah hati terhadap lawan, Ceko beruntung bisa menang dua gol tanpa balas.

7 dari 10 halaman

Makedonia Utara

Timnas Makedonia Utara di Euro 2020 (c) AP Photo

Makedonia Utara menempati peringkat keempat dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020. Laman Infogol mencatat bahwa Makedonia Utara mencatatkan nilai xGA sebesar 2,5 pada laga kontra Austria.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari sepuluh peluang yang dimiliki Austria pada laga tersebut. Dalam pertandignan tersebut, Makedonia Utara harus menelan kekalahan 1-3.

8 dari 10 halaman

Swedia

Skuat Swedia merayakan gol Emil Forsberg ke gawang Slovakia, Jumat (18/6/2021) (c) AP Photo

Posisi tiga dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020 ditempati oleh Swedia. Menurut laman Infogol, Swedia mencatatkan nilai xGA sebesar 2,57 pada laga kontra Spanyol.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari 17 peluang yang dimiliki Spanyol pada laga ini. Dalam laga ini, Swedia beruntung bisa menahan imbang Spanyol tanpa gol.

9 dari 10 halaman

Wales

Timnas Wales di Euro 2020 (c) Pool Photo via AP

Wales berada di peringkat kedua dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020. Laman Infogol mencatat bahwa Wales memiliki nilai xGA sebesar 2,6 pada laga kontra Swiss.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari 18 peluang yang dimiliki Swiss. Pada laga tersebut, Wales berhasil menahan imbang Swiss dengan skor 1-1.

10 dari 10 halaman

Hungaria

Timnas Hungaria di Euro 2020 (c) AP Photo

Posisi puncak dalam daftar tim paling murah hati terhadap lawan sepanjang matchday pertama Euro 2020 ditempati oleh Hungaria. Laman Infogol mencatat bahwa Hungaria memiliki nilai xGA sebesar 3,28 pada laga kontra Portugal.

Nilai xGA ini merupakan akumulasi dari sebelas peluang Portugal dalam pertandingan itu. Pada laga tersebut, Hungaria harus mengakui keunggulan Portugal tiga gol tanpa balas.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR