Termasuk Buffon dan Neuer, Ini 10 Kiper dengan Rekor Cleansheet Terbanyak di Gelaran Euro

Serafin Unus Pasi | 4 Juni 2021, 19:19
Termasuk Buffon dan Neuer, Ini 10 Kiper dengan Rekor Cleansheet Terbanyak di Gelaran Euro
Manuel Neuer (c) AFP

Bola.net - Gelaran Euro 2020 bakal segera kembali digelar. Setelah sempat tertunda setahun, turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa ini akan dihelat pada 12 Juni sampai 12 Juli 2021. Sebelas kota dari sebelas negara berbeda akan menjadi tuan rumah gelaran ini.

Euro tahun ini akan menjadi edisi yang ke-16 bagi gelaran turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa ini.

Sebagaimana dalam ajang sepak bola, gol lah yang menjadi perhatian pada laga ini. Bukan hanya bagaimana dan berapa banyak gol dicetak, tapi juga bagaimana gol dicegah.

Bukan hanya kepada barisan penyerang, perhatian juga akan tertuju kepada para penjaga gawang yang tampil heroik di bawah mistar gawang.

Sejarah mencatat ada sejumlah kiper yang sukses menjaga gawang mereka tetap perawan di tengah gempuran lawan. Bahkan, ada juga penjaga gawang yang mampu mencetak cleansheet dalam banyak pertandingan dengan tensi tinggi.

Siapa saja para penjaga gawang yang sukses mencetak cleansheet di ajang Piala Eropa? Berikut sepuluh di antara mereka.

1 dari 10 halaman

10. Joel Bats

Bats menempati peringkat kesepuluh dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa. Kiper Timnas Prancis ini mencatatkan rekor cleansheet sebanyak tiga kali.

Bats sendiri sempat tampil lima kali dalam gelaran puncak Piala Eropa. Dalam 480 menit penampilannya di Euro 1984, Bats kebobolan empat kali.

2 dari 10 halaman

9. Hugo Lloris

Hugo Lloris Prancis (c) AP

Hugo Lloris Prancis (c) AP

Posisi sembilan dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Hugo Lloris. Selama membela Timnas Prancis di ajang Euro, Lloris mencatatkan empat kali cleansheet.

Lloris sempat sebelas kali tampil di putaran final Piala Eropa. Sepanjang 1020 menit penampilannya di bawah mistar gawang Les Bleus, Lloris kebobolan sepuluh kali.

3 dari 10 halaman

8. Hans van Breukelen

Hans van Breukelen (c) Gettyimages

Hans van Breukelen (c) Gettyimages

Van Breukelen menempati peringkat kedelapan dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa. Kiper Timnas Belanda ini mencatatkan empat kali cleansheet selama berlaga di putaran final Euro.

Van Breukelen sendiri sempat tampil dalam sembilan laga di putaran final Piala Eropa. Dalam 840 menit tampil di Euro 1988 dan 1992, gawangnya sempat kebobolan enam gol.

4 dari 10 halaman

7. Vitor Baia

Vitor Baia (c) AFP

Vitor Baia (c) AFP

Posisi tujuh dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati Vitor Baia. Kiper Timnas Portugal tersebut mencatatkan empat cleansheet selama berlaga di putaran final Piala Eropa.

Baia sendiri sempat delapan kali tampil di putaran final Piala Eropa. Sepanjang 750 menit bermain di Euro 1996 dan 2000, gawangnya kebobolan sebanyak enam kali.

5 dari 10 halaman

6. Manuel Neuer

Manuel Neuer. (c) AP Photo

Manuel Neuer. (c) AP Photo

Neuer berada di peringkat keenam dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa. Sepanjang memperkuat Timnas Jerman di putaran final Piala Eropa, Neuer sukses mencatatkan enam kali cleansheet.

Neuer sempat sebelas kali tampil di putaran final Piala Eropa. Dalam 1020 menit tampil di Euro 2012 dan 2016, Neuer kebobolan sebanyak sembilan kali.

6 dari 10 halaman

5. Dino Zoff

Kiper legendaris Italia, Dino Zoff (c) Juventus.com

Kiper legendaris Italia, Dino Zoff (c) Juventus.com

Posisi lima dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa. Selama memperkuat Timnas Italia di putaran final Piala Eropa, Zoff sukses mencatatkan lima cleansheet.

Zoff sendiri sempat tujuh kali tampil dalam laga putaran final Piala Eropa. Dalam 720 menit laga di Euro 1968 dan 1980, ia hanya dua kali kebobolan.

7 dari 10 halaman

4. Rui Patricio

Rui Patricio (c) AFP

Rui Patricio (c) AFP

Rui Patricio menempati peringkat keempat dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa. Selama memperkuat Timnas Portugal, ia mencatatkan enam kali cleansheet.

Patricio sempat 12 kali tampil pada putaran final Piala Eropa. Dalam 1200 menit laga di Euro 2008,2012, dan 2016, ia kebobolan sembilan gol.

8 dari 10 halaman

3. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon (c) AFP

Gianluigi Buffon (c) AFP

Posisi tiga dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati oleh Gianluigi Buffon. Sepanjang memperkuat Timnas Italia, Buffon mencatatkan delapan kali cleansheet.

Buffon sendiri sempat tampil 17 kali pada putaran final Piala Eropa. Bermain selama 1620 menit pada Euro 2004, 2008, 2012, dan 2016, gawang Buffon kebobolan 14 kali.

9 dari 10 halaman

2. Iker Casillas

Iker Casillas (c) PA

Iker Casillas (c) PA

Iker Casillas berada di peringkat kedua dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa. Sepanjang memperkuat Timnas Spanyol, Casillas mencatatkan sembilan kali cleansheet.

Casillas sempat tampil dalam 14 laga pada putaran final Piala Eropa. Bermain 1320 menit dalam Euro 2000, 2004, 2008, 2012, dan 2016, gawang Casillas kebobolan sebanyak lima kali.

10 dari 10 halaman

1. Edwin van der Sar

Edwin Van Der Sar (c) AFP

Edwin Van Der Sar (c) AFP

Posisi puncak dalam daftar sepuluh penjaga gawang dengan cleansheet paling banyak sepanjang putaran final Piala Eropa ditempati Edwin van der Sar. Selama membela Timnas Belanda, Van der Sar sukses mencatatkan sepuluh cleansheet.

Van der Sar sempat tampil dalam 16 laga pada putaran final Piala Eropa. Bermain 1535 menit dalam Euro 1996, 2000, 2004, dan 2008, gawang Van der Sar kebobolan sebanyak 14 kali.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR