Terbukti Menang! Ini Alasan Southgate Pilih Starting XI Inggris Lawan Kroasia

Richard Andreas | 14 Juni 2021, 04:00
Skuat Inggris merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Kroasia di matchday 1 Grup D Euro 2021 di Stadion Wembley, Minggu (13/06/2021) malam WIB. (c) Pool AFP via AP Photo

Bola.net - Gareth Southgate membuat sejumlah kejutan dalam menentukan starting XI Inggris dalam duel kontra Kroasia di matchday 1 Grup D Euro 2020, Wembley Stadium, Minggu (13/6/2021).


Southgate menurunkan pemain yang punya pengalaman , mencadangkan beberapa pemain penting seperti Marcus Rashfod, dan yang mengejutkan memilih menurunkan Kieran Trippier sebagai bek kiri.

Keputusan ini berisiko, tapi pada akhirnya Southgate bisa bernapas lega karena Inggris bermain tenang dan apik. The Three Lions memang pantas menang atas Kroasia dalam duel pembuka ini.

1 dari 2 halaman

Butuh pengalaman

Southgate punya banyak opsi starting XI dengan komposisi skuad yang sekarang. Namun, karena kemarin lawannya adalah tim selevel Kroasia, dia harus membuat keputusan tepat dengan line-up yang lebih stabil.

"Saya ingin menurunkan banyak pemain berpengalaman untuk hari ini. Kami punya banyak pemain muda, tapi dalam duel seperti ini pengalaman lebih penting," ujar Southgate di Sky Sports.

"Para pemain mengatasi pertandingan penting seperti ini dengan sangat baik sejak awal. Mereka bermain sangat rapi, sudah stabil di awal laga."

"Ada momen-momen ketika tempo permainan kami menurun, tapi untuk mayoritas pertandingan, kami benar-benar mengontrol," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Stabil di lini belakang

Kali ini Southgate menurunkan formasi empat bek. Dia biasa mengutak-atik formasi Inggris, terkadang dengan tiga bek. Namun, lawan Kroasia, Southgate tahu timnya harus bermain dengan empat bek.

"Saya kira keempat pemain belakang mengatasi pertandingan dengan sangat baik. Melawan Kroasial, saya kira Anda harus menekan lini tengah mereka dan kami berhasil melakukan itu," sambung Southgate.

"Tekanan itu membatasi suplai bola ke depan, lalu bek-bek kami mengatasi umpan-umpan jauh dengan sangat baik, membaca permainan dengan baik. Mereka juga sangat tenang dalam membangun serangan," tutupnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR