Tanpa Cristiano Ronaldo, Ini Tim Terbaik Euro 2020 Versi Whoscored

Gia Yuda Pradana | 13 Juli 2021, 12:33
Cristiano Ronaldo dan Romelu Lukaku dalam duel Belgia vs Portugal di Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Gelaran Euro 2020 tuntas sudah. Italia ditahbiskan sebagai kampiun turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa tersebut.


Pada laga yang dihelat di Stadion Wembley, Senin (12/07) dini hari WIB tersebut, Italia sukses mengalahkan Inggris melalui drama adu penalti.

Tak hanya menjadi ajang bagi Italia menahbiskan diri sebagai kampiun Euro 2020, partai final ini juga menjadi panggung bagi para pemain tim yang terlibat untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Dari seluruh pemain yang sempat bermain Euro 2020 tersebut, laman statistik Whoscored memilih sejumlah pemain yang menunjukkan permainan terbaik mereka.

Whoscored menetapkan standar bahwa pemain yang masuk ke dalam tim terbaik versi mereka berasal dari tim yang paling tidak masuk ke perempat final. Dengan kriteria ini, nama top skorer Euro 2020, Cristiano Ronaldo, dipastikan tak masuk ke dalam daftar ini. Pasalnya, ia hanya mampu membawa Portugal ke Babak 16 Besar.

Selain itu, ada lagi kriteria lain. Para pemain yang masuk daftar ini haruslah paling tidak bermain sebanyak empat kali pada Euro 2020.

Siapa saja para pemain yang masuk dalam tim terbaik Euro 2020 versi Whoscored? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 11 halaman

Kiper: Gianluigi Donnarumma

Kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma (c) AP Photo

Donnarumma menjadi salah satu pilar Italia pada Euro 2020 ini. Pemain berusia 22 tahun ini kerap menunjukkan penampilan gemilang demi mengamankan gawang Gli Azzurri, termasuk memenangi dua kali adu penalti, pada babak semifinal dan final. Dengan performanya tersebut, Donnarumma mendapat nilai 6,96.

2 dari 11 halaman

Bek Kanan: Vladimir Coufal

Timnas Republik Ceko di Euro 2020 (c) AP Photo

Coufal tampil cemerlang kala didapuk sebagai bek kanan Republik Ceko pada gelaran Euro 2020. Pemain berusia 28 tahun ini kokoh menjaga pertahanan dengan catatan 20 tackle dan intersep sepanhang turnamen ini.

Tak cuma kokoh bertahan, Coufal juga ciamik dalam menyerang. Pemain belakang West Ham United tersebut mencetak dua assist, tujuh umpan kunci, dan enam dribble sukses dari enam percobaan. Dengan segala kepiawaiannya tersebut, layak jika Coufal diberi nilai 7,31.

3 dari 11 halaman

Bek Tengah: Leonardo Bonucci

Bek Timnas Italia, Leonardo Bonucci. (c) AP Photo

Bonucci menjadi pahlawan Italia pada laga kontra Spanyol dan Inggris. Pemain berusia 34 tahun tersebut bahkan dianugerahi oleh Whoscored gelar man of the match pada dua laga tersebut.

Soal penampilan di benteng pertahanan, Bonucci sekokoh batu karang. Ia pun juga memiliki kemampuan dalam melepaskan umpan-umpan akurat. Rataan akurasi umpan pemain Juventus ini mencapai 88,1%. Bonucci sendiri mendapat ponten 7,07 untuk performanya sepanjang Euro 2020.

4 dari 11 halaman

Bek Tengah: Harry Maguire

Bek Timnas Inggris, Harry Maguire (c) AP Photo

Sebagai rekan duet Bonucci di jantung pertahanan tim terbaik Euro 2020 versi Whoscored ada sosok Harry Maguire. Pemain belakang Inggris ini sukses menjadi pondasi benteng pertahanan The Three Lions pada Euro 2020.

Maguire merupakan sosok yang sangat tangguh dalam duel-duel udara. Pada lima penampilannya, Maguire hanya empat kali kalah dalam duel udara. Selain itu, pemain Manchester United tersebut juga memiliki akurasi umpan jempolan, mencapai 81,8%. Dengan catatan-catatan tersebut, tak salah jika Whoscored memberi Maguire ponten 7,62.

5 dari 11 halaman

Bek Kiri: Luke Shaw

Bek kiri Timnas Inggris di Euro 2020, Luke Shaw (c) AP Photo

Mengisi posisi bek kiri tim terbaik Euro 2020 versi mereka, Whoscored memilih sosok Luke Shaw. Pemain Inggris tersebut mendapat nilai 7,37 untuk penampilannya sepanjang turnamen ini.

Berposisi sebagai pemain belakang, Shaw tak hanya paten dalam bertahan. Pemain berusia 26 tahun ini pun memiliki kemampuan ofensif di atas rerata. Ia mencetak satu gol dan tiga assist.

6 dari 11 halaman

Gelandang Kanan: Raheem Sterling

Raheem Sterling, Inggris (c) AP Photo

Sterling terpilih mengisi posisi gelandang kanan dalam tim terbaik Euro 2020 versi Whoscored. Pemain Inggris ini mendapat poin 7,28 untuk penampilannya selama Euro 2020.

Sterling mencetak tiga dari sebelas gol Inggris pada turnamen ini. Ia pun mencatatkan sejarah sebagai pemain dengan dribble sukses terbanyak dalam satu pertandingan di Euro 2020, kala mencatatkan sembilan dribble sukses pada laga kontra Denmark.

7 dari 11 halaman

Gelandang Tengah: Marco Verratti

Marco Verratti melakukan duel pada laga Italia vs Wales pada matchday ketiga Euro 2020 (c) AP Photo

Marco Verratti mengisi posisi gelandang tengah dalam tim terbaik Euro 2020 versi Whoscored. Pemain Italia ini mendapat poin 7,59 untuk penampilannya sepanjang Euro 2020.

Verratti mencetak dua assist dan sebelas umpan kunci sepanjang turnamen ini. Pemain berusia 28 tahun itu pun mencetak 18 tackle pada Euro 2020.

8 dari 11 halaman

Gelandang Tengah: Jorginho

Gelandang Italia, Jorginho (c) La Presse via AP Photo

Sebagai duet Verratti di jantung ruang mesin tim terbaik Euro 2020 versi Whoscored ada nama Jorginho. Pemain Italia ini mendapat poin 7,28 untuk performanya sepanjang Euro 2020.

Jorginho mencetak total 38 tackle dan intersep pada turnamen ini. Selain itu, pemain Chelsea ini juga memiliki catatan akurasi umpan sebesar 93,4%, satu di antara yang terbaik pada ajang Euro 2020.

9 dari 11 halaman

Gelandang Kiri: Mikkel Damsgaard

Momen gol tendangan bebas Mikkel Damsgaard, Inggris vs Denmark, semifinal Euro 2020 (c) AP Photo

Damsgaard terpilih mengisi posisi gelandang kiri tim terbaik Euro 2020 versi Whoscored. Bintang baru Timnas Denmark ini mendapat ponten 7,28 untuk penampilannya pada Euro 2020.

Sepanjang tampil pada Euro 2020, Damsgaard mencetak dua gol dan satu assist. Satu dari dua golnya ini merupakan gol dari sepakan bebas langsung satu-satunya pada Euro 2020.

10 dari 11 halaman

Penyerang: Patrik Schick

Selebrasi Patrik Schick usai membobol gawang Skotlandia di ajang Euro 2020, Senin (14/6/2021) (c) AP Photo

Patrick Schick menempati satu posisi di lini depan tim terbaik Euro 2020 versi Whoscored. Penyerang Republik Ceko ini mendapat nilai 7,55 untuk penampilan ciamiknya sepanjang Euro 2020.

Schick tajam dengan mencetak lima gol pada ajang ini. Selain tajam, ia juga memiliki kemampuan ciamik menembus adangan lawan. Tingkat dribble sukses Schick pada ajang ini mencapai 85.7%.

11 dari 11 halaman

Penyerang: Romelu Lukaku

Bomber Belgia, Romelu Lukaku merayakan gol ke gawang Rusia, Minggu (13/6/2021) (c) AP Photo

Sebagai tandem Schick di lini depan tim terbaik Euro 2020 versi mereka, Whoscored memilih sosok Lukaku. Penyerang Belgia ini mendapat nilai 7,39 untuk penampilannya sepanjang ajang ini.

Lukaku mencetak empat gol pada Euro 2020. Pemain berusia 28 tahun ini memiliki tingkat penyelesaian peluang sebesar 30,8%, yang menjadikannya salah satu penyerang paling tajam pada gelaran Euro 2020.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR