Starting XI Inggris saat Keok dari Italia di Euro 2012, di Mana Mereka Sekarang?

Aga Deta | 9 Juli 2021, 14:57
Gelandang Timnas Inggris Jordan Henderson. (c) AP Photo
Gelandang Timnas Inggris Jordan Henderson. (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Inggris akan berhadapan dengan Timnas Italia dalam partai final Euro 2020. Pertandingan ini akan berlangsung di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari.

Inggris melaju ke final Euro 2020 setelah menyingkirkan Denmark. Sementara Italia menghentikan perlawanan Spanyol.

Pertemuan terakhir Inggris dan Italia di turnamen besar terjadi di Euro 2012 lalu. Tepatnya mereka bertemu pada babak perempat final.

Kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Namun Inggris harus mengakui keunggulan Italia dalam adu penalti dengan skor 4-2.

Lantas, apa kabar starting XI Inggris saat kalah dari Italia di Euro 2012? Di mana mereka sekarang? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 15 halaman

Kiper - Joe Hart

Joe Hart (c) Ist

Joe Hart (c) Ist

Joe Hart merupakan kiper utama Timnas Inggris di Euro 2012. Dia tampil empat kali di turnamen ini termasuk dalam pertandingan melawan Italia.

Hart masih aktif bermain hingga saat ini. Pemain berusia 34 tahun itu saat ini bermain untuk Tottenham tetapi hanya menjadi kiper kedua Spurs setelah Hugo Lloris.

2 dari 15 halaman

Bek Kanan - Glen Johnson

Momen cetak gol bunuh diri yang dilakukan penggawa Timnas Inggris, Glen Johnson di Euro 2012. (c) Damien MEYER/AFP

Momen cetak gol bunuh diri yang dilakukan penggawa Timnas Inggris, Glen Johnson di Euro 2012. (c) Damien MEYER/AFP

Glen Johnson menjadi pilihan utama di posisi bek kanan Inggris pada Euro 2012. Dia tampil di turnamen ini ketika bermain untuk Liverpool.

Johnson saat ini telah pensiun dari sepak bola. Dia gantung sepatu pada 2018 lalu dan Stoke City menjadi klub terakhir dalam kariernya.

3 dari 15 halaman

Bek Tengah - John Terry

John Terry (c) AFP

John Terry (c) AFP

John Terry tercatat mempunyai 78 caps bersama Timnas Inggris. Euro 2012 menjadi turnamen internasional terakhirnya bersama The Three Lions.

Terry mempunyai karier yang sangat sukses ketika bermain untuk Chelsea. Namun, pria yang kini berusia 40 tahun itu memutuskan pensiun bersama Aston Villa pada 2018 lalu dan sekarang menjadi asisten pelatih di klub tersebut.

4 dari 15 halaman

Bek Tengah - Joleon Lescott

Joleon Lescott (c) AFP

Joleon Lescott (c) AFP

Joleon Lescott menjadi tandem John Terry di jantung pertahanan Inggris pada Euro 2012. Dia mencetak satu gol di turnamen ini saat The Three Lions menghadapi Prancis.

Lescott memenangkan Premier League ketika bermain untuk Manchester City. Pria berusia 38 tahun tersebut pensiun pada 2017 setelah bermain di Sunderland.

5 dari 15 halaman

Bek Kiri - Ashley Cole

Ashley Cole (c) afp

Ashley Cole (c) afp

Ashley Cole merupakan pemain langganan Timnas Inggris pada waktu itu. Tidak mengherankan kalau Cole selalu menjadi starter di gelaran Euro 2012 termasuk dalam pertandingan melawan Italia.

Cole ketika itu bermain untuk Chelsea. Dia sempat membela AS Roma, La Galaxy dan Derby County sebelum pensiun dari sepak bola pada tahun 2019.

6 dari 15 halaman

Gelandang - Steven Gerrard

Steven Gerrard (c) AFP

Steven Gerrard (c) AFP

Steven Gerrard merupakan kapten timnas Inggris di Euro 2020. Mantan gelandang Liverpool tersebut menjadi penendang pertama Inggris dalam adu penalti melawan Italia.

Setelah bermain untuk Liverpool, Gerrard melanjutkan kariernya di MLS bersama LA Galaxy. Dia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2016 dan sekarang menjadi manajer klub Skotlandia Rangers.

7 dari 15 halaman

Gelandang - Scott Parker

Scott Parker (c) Ist

Scott Parker (c) Ist

Scott Parker mencetak satu gol dan dua assist dari 38 pertandingan di semua kompetisi bersama Tottenham pada musim 2011/2012. Dia pun mendapat satu tempat di skuad Inggris untuk Euro 2012.

Setelah membela Tottenham, Parker melanjutkan kariernya bersama Fulham. Dia pensiun pada tahun 2017 dan saat ini menjadi manajer klub Championship Bournemouth.

8 dari 15 halaman

Sayap Kanan - James Milner

Pemain Liverpool James Milner. (c) AP Photo

Pemain Liverpool James Milner. (c) AP Photo

James Milner bermain di posisi sayap kanan di Euro 2012. Dia hanya tampil selama 61 menit dalam pertandingan melawan Italia setelah digantikan Theo Walcott.

Milner masih aktif bermain sampai saat ini. Pada usia 35 tahun, Milner sekarang membela Liverpool dan sering dimainkan sebagai bek kiri belakangan ini.

9 dari 15 halaman

Sayap Kiri - Ashley Young

Pemain Inter Milan Ashley Young (c) AP Photo

Pemain Inter Milan Ashley Young (c) AP Photo

Ashley Young bermain di Manchester United saat memperkuat timnas Inggris di Euro 2012. Dia selalu tampil penuh dalam empat pertandingan di turnamen tersebut.

Pada musim 2020/2021, Young bermain di Serie A bersama Inter Milan. Pemain berusia 35 tahun itu kembali ke Premier League pada musim panas ini dengan bergabung Aston Villa.

10 dari 15 halaman

Striker - Wayne Rooney

Wayne Rooney. (c) AP

Wayne Rooney. (c) AP

Wayne Rooney absen dalam dua laga pembuka Inggris di Euro 2012 karena hukuman dari UEFA. Dia baru tampil pada matchday ketiga melawan Ukraina dan mencetak satu gol dalam pertandingan tersebut.

Setelah bermain untuk Manchester United, Rooney memperkuat Everton, DC United dan Derby County. Dia pensiun pada tahun 2021 dan saat ini menjadi manajer Derby.

11 dari 15 halaman

Striker - Danny Welbeck

Selebrasi penyerang Brighton Danny Welbeck usai menjebol gawang Manchester United di Old Trafford, Senin (05/04/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters via AP Photo

Selebrasi penyerang Brighton Danny Welbeck usai menjebol gawang Manchester United di Old Trafford, Senin (05/04/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters via AP Photo

Pada usia 21 tahun, Danny Welbeck menjadi starter termuda untuk timnas Inggris saat melawan Italia di Euro 2012. Dia hanya mencetak satu gol di turnamen tersebut.

Cedera mengganggu karier Welbeck di Manchester United dan Arsenal. Sang striker saat ini tengah bermain untuk klub Premier League Brighton & Hove Albion.

12 dari 15 halaman

Pengganti - Andy Carroll

Andy Carroll (c) AFP

Andy Carroll (c) AFP

Andy Carroll mencetak satu gol saat Timnas Inggris menghadapi Swedia di Euro 2020. Dia masuk pada menit ke-60 dalam pertandingan melawan Italia.

Carroll menghabiskan musim 2020/2021 dengan bermain untuk Newcastle. Namun, striker berusia 32 tahun tersebut sekarang ini tidak punya klub.

13 dari 15 halaman

Pengganti - Theo Walcott

Penyerang Southampton, Theo Walcott. (c) AP Photo

Penyerang Southampton, Theo Walcott. (c) AP Photo

Theo Walcott dimainkan pada menit ke-61 dalam pertandingan melawan Italia di Euro 2012. Dia masuk untuk menggantikan James Milner.

Walcott bermain untuk Arsenal saat The Three Lions bertarung di Euro 2012. Namun, pemain berusia 32 tahun tersebut saat ini menjadi bagian dari Southampton.

14 dari 15 halaman

Pengganti - Jordan Henderson

Gelandang Timnas Inggris dan Liverpool, Jordan Henderson. (c) AP Photo

Gelandang Timnas Inggris dan Liverpool, Jordan Henderson. (c) AP Photo

Jordan Henderson cuma bermain dua kali di Euro 2012. Gelandang yang kini berusia 31 tahun itu masuk pada menit ke-94 dalam pertandingan melawan Italia.

Henderson sekarang ada di skuad Inggris untuk Euro 2020. Saat ini, dia merupakan kapten dari klub Liverpool.

15 dari 15 halaman

Pelatih - Roy Hodgson

Manajer Crystal Palace, Roy Hodgson (c) AP Photo

Manajer Crystal Palace, Roy Hodgson (c) AP Photo

Karir Roy Hodgson sebagai pelatih Inggris masih terus berlanjut usai Euro 2012. Dia meninggalkan posisinya tersebut setelah Piala Dunia 2016.

Pada musim 2020/2021 lalu, Hodgson masih memimpin Crystal Palace. Namun, dia meninggalkan Selhurst Park pada musim panas ini.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR