Spanyol Jadi Tim dengan Kualitas Peluang Terbesar pada Perempat Final Euro 2020

Gia Yuda Pradana | 6 Juli 2021, 12:23
Dua pemain Spanyol di Euro 2020, Alvaro Morata dan Jordi Alba (c) AP Photo
Dua pemain Spanyol di Euro 2020, Alvaro Morata dan Jordi Alba (c) AP Photo

Bola.net - Spanyol sukses meraih satu tiket ke Semifinal Euro 2020. Pada babak perempat final, La Furia Roja sukses mengalahkan Swiss melalui adu penalti.

Pada laga tersebut, kedua tim bermain imbang 1-1 sampai perpanjangan waktu usai. Kemudian, dalam babak adu penalti, Spanyol sukses menyegel kemenangan mereka dengan skor 3-1.

Spanyol, sejatinya, tampil mendominasi pada laga kontra Swiss. Dominasi ini tampak dari nilai expected goals (xG) mereka, yang dalam catatan Infogol, mencapai 3,52.

Nilai xG sendiri merupakan besaran kualitas peluang yang didapat. Ada sejumlah parameter yang digunakan untuk menentukan besaran nilai xG ini, termasuk posisi tembakan, penggunaan bagian tubuh tertentu, dan banyak lagi.

Nilai xG 3,52 ini menjadikan Spanyol sebagai tim dengan kualitas peluang paling tinggi di antara kontestan Babak Perempat Final Euro 2020.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

xG Rata-Rata Kalah dari Denmark

Yang harus menjadi catatan, nilai xG 3,52 yang dicatatkan Spanyol merupakan akumulasi dari semua peluang yang mereka miliki pada laga kontra Swiss. Menurut laman Whoscored, pada laga tersebut, Spanyol sempat melepas membombardir pertahanan Swiss dengan 28 tembakan. Artinya, pada laga kontra Swiss, nilai xG rata-rata per peluang yang dimiliki Spanyol sebesar 0,125.

Nilai xG rata-rata Spanyol ini tak terlalu istimewa. Mereka hanya berada di peringkat kelima di antara seluruh kontestan Perempat Final Euro 2020. Bahkan, mereka kalah dari Denmark, yang memiliki nilai xG rata-rata 0,146 pada laga kontra Republik Ceko.

2 dari 2 halaman

Diikuti Inggris

Timnas Inggris di Euro 2020 (c) AP Photo

Timnas Inggris di Euro 2020 (c) AP Photo

Sementara itu, dalam daftar tim dengan nilai xG terbesar, posisi Spanyol di peringkat pertama dibayangi oleh Inggris. Dalam laga kontra Ukraina, Inggris mencatatkan nilai xG total sebesar 2,15.

Laman Whoscored mencatat, Inggris mencetak sepuluh peluang pada laga yang mereka menangi empat gol tanpa balas tersebut. Artinya, rata-rata peluang Inggris mencapai 0,215.

Nilai rata-rata peluang The Three Lions tersebut merupakan yang paling tinggi di antara para kontestan Babak Perempat Final Euro 2020 ini.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR