Southgate Ingatkan Inggris untuk Membumi: Belum Pernah Juara Euro

Richard Andreas | 7 Juli 2021, 06:20
Timnas Inggris saat mengalahkan Ukraina di perempat final Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Gareth Southgate tidak mau membesar-besarkan peluang Inggris menjuarai Euro 2020. Dia yakin Inggris masih harus belajar banyak di turnamen mayor.


Kamis (8/7/2021) besok, Inggris akan menghadapi Denmark di babak semifinal Euro 2020. Harry Kane dkk. sudah bermain sangat baik mencapai semifinal, selangkah lagi menembus final.

Tentu laju apik Inggris membuat fans begitu percaya diri. Media lokal juga ikut memanaskan situasi dengan menyuarakan slogan it's coming home khas Inggris.

Southgate tentu senang dengan dukungan tersebut, tapi dia memilih menurunkan semangat untuk saat ini. Apa katanya?

1 dari 2 halaman

Belum pernah juara

Southgate memahami semangat fans Inggris, tapi dia menegaskan kembali bahwa Inggris belum pernah jadi juara Euro. Menurutnya Inggris harus mengambil pendekatan rendah hati untuk pertandingan ini.

Sebaliknya, Denmark justru lebih baik sebagai juara edisi 1992 silam.

"Trofi ini belum pernah kami dapatkan. Denmark, tentu sudah pernah menjuarainya, jadi mereka punya rekor yang lebih baik dari kami. Dan saya rasa orang-orang di negara kami mudah melupakan fakta ini," ujar Southgate di Sky Sports.

"Kami tidak punya sejarah sepak bola sebagus yang kami inginkan. Ini jadi motivasi, jadi tantangan bagi kami."

2 dari 2 halaman

Bakal beda andai sudah juara

Intinya, Southgate memilih pendekatan berbeda untuk Euro kali ini. Inggris belum pernah jadi juara, jadi mereka harus memosisikan diri sesuai dengan status tersebut. Posisi ini justru bisa memberi kebebasan pada pemain.

"Jika kami adalah negara yang sudah meraih lima gelar mayor dan harus meraih trofi yang sudah pernah kami raih sebelumnya, kami mungkin akan merasa berbeda, tapi kami tidak demikian," sambung Southgate.

"Kami menghadapi lawan yang sangat bagus. Kami sudah mengetahui itu sebelumnya dan sekarang kami semakin tahu. Ini akan menjadi pertandingan yang sangat ketat, pertandingan yang menarik untuk semua orang," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR