Soal Bertahan, Italia tak Pernah Setengah-setengah

Yaumil Azis | 3 Juli 2021, 07:00
Bek Italia, Giorgio Chiellini, beraksi saat menghadapi Belgia dalam laga perempat final Euro 2020 hari Sabtu (3/7/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Italia menunjukkan penampilan yang impresif ketika bertemu Belgia di Allianz Arena pada laga perempat final Euro 2020 hari Sabtu (3/7/2021). Berkat itu, mereka berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.


Tanda-tanda kejayaan Italia mulai terlihat saat Nicolo Barella berhasil mencetak gol di menit ke-31, disusul Lorenzo Insigne jelang waktu normal babak pertama usai. Belgia baru bisa membalas tak lama setelah gol Insigne lewat penalti Romelu Lukaku.

Pada babak kedua, mereka masih berusaha menghasilkan gol ketiga. Setelah tahu bahwa itu sulit dicapai dalam situasi di mana Belgia sedang bernafsu menyerang, mereka memilih mundur untuk mempertahankan keunggulan.

Misinya berhasil. Pertahanannya sukses membuat lini serang Belgia yang dikomandoi Kevin De Bruyne mati kutu. Skor 2-1 pun bertahan dan Gli Azzurri berhak ke semifinal untuk menghadapi Spanyol.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Bertahan Sangatlah Berarti Buat Italia

Dalam hal menyerang, Italia tampak mengesankan. Begitu juga ketika bertahan. Eks pelatih Jerman, Jurgen Klinsmann sampai tak sungkan untuk memberikan pujian atas kelengkapan yang dimiliki Italia.

Pujian berikutnya datang dari penyerang legendaris Inggris, Alan Shearer. Kepada BBC One, pria berumur 50 tahun tersebut menjelaskan alasan dirinya begitu kagum dengan benteng pertahanan Gli Azzurri.

"Apakah anda lihat reaksi ketika [Giorgio] Chiellini, ketika [Leonardo] Spinazzola menghentikan upaya Lukaku menerobos masuk di tiang jauh?" buka Shearer.

"Anda bisa lihat betapa itu berarti buat mereka, begitu besar upaya yang mereka berikan pada lini pertahanannya," lanjut mantan penyerang Newcastle United tersebut.

2 dari 2 halaman

Pujian untuk Chiellini dan Bonucci

Seperti Klinsmann, Shearer juga memuji kualitas yang merata dari skuat Italia. Mulai dari lini belakang hingga depan, semua nampak positif di matanya.

"Performa Italia memiliki segalanya. Mereka punya kualitas di depan, mereka harus mundul lebih dalam di lini tengah dan menjelang 20 menit terakhir, mereka harus bertahan. Italia luar biasa dalam hal itu, dilakukan dengan hebat," kata Shearer.

Secara khusus, Shearer memberikan pujian setinggi langit buat duet Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci di lini pertahanan. Ia menganggap keduanya berhasil menetralisir Lukaku yang dikenal sebagai salah satu penyerang hebat di masa sekarang.

"Dua orang tua di belakang itu [merujuk pada Chiellini dan Bonucci] luar biasa. Ada perbincangan besar soal apakah Lukaku akan bermain di belakang mereka dan apakah mereka bakalan kalah dari segi kecepatan."

"Namun, keduanya berdiri tegak menghadapi semua yang pemain Belgia lemparkan kepada mereka dalam 10 atau 15 menit terakhir. Luar biasa," pungkasnya.

(BBC One)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR