Rekor-Rekor pada Hari Terakhir Matchday Pertama Euro 2020, Ronaldo Mendominasi

Serafin Unus Pasi | 16 Juni 2021, 17:55
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) Pool via AP

Bola.net - Matchday pertama gelaran Euro 2020 telah usai. Hari terakhir matchday pertama ini mempertemukan Portugal dan Hungaria juga antara Jerman dan Prancis di Grup F.


Pada momen ini, Portugal sukses mengalahkan Hungaria tiga gol tanpa balas. Sementara, Jerman harus mengakui keunggulan Prancis dengan skor 1-0.

Selain hasil tersebut, sama seperti hari-hari sebelumnya, ada sejumlah rekor yang tercipta pada hari terakhir matchday pertama Euro 2020.

Apa saja rekor-rekor yang terjadi pada dua laga di hari terakhir matchday pertama Euro 2020? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Ronaldo Langganan Euro

Momen gol kedua Cristiano Ronaldo di laga Hungaria vs Portugal, Euro 2020 (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo panen rekor kala tampil pada laga antara Portugal dan Hungaria, Selasa (15/06) malam WIB. Kapten tim Portugal tersebut menjadi pemain pertama yang tampil di lima putaran final Piala Eropa.

Selain itu, laga ini menjadi kali ke-39 Ronaldo membela Portugal di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia). Sebuah rekor bagi pemain asal Eropa. Ia melewati catatan Bastian Schweinsteiger, yang sempat 38 kali tampil bagi Jerman.

2 dari 5 halaman

Pencetak Gol Terbanyak

Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di laga Hungaria vs Portugal, Euro 2020 (c) AP Photo

Tak sekadar tampil dalam lima edisi Piala Eropa, Ronaldo juga mencetak gol dalam tiap edisi tersebut. Ini merupakan rekor yang sejauh ini belum bisa disamai pesepak bola lain. Sejauh ini, bahkan, belum ada pemain lain yang bisa mencetak gol dalam empat edisi Euro yang mereka ikuti.

Selain itu, dengan tambahan dua gol yang ia cetak pada laga kontra Hungaria, pundi-pundi gol Ronaldo menjadi sebelas gol. Hal ini menjadikan Ronaldo sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak sepanjang gelaran Piala Eropa.

Tambahan dua gol ini juga menjadikan catatan gol Ronaldo menjadi 106 gol, kian mendekati catatan rekor dunia 109 gol, yang dipegang oleh Ali Daei.

3 dari 5 halaman

Pencetak Brace Tertua

Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Dua gol yang dicetaknya pada laga kontra Hungaria juga menjadikan Ronaldo sebagai pesepak bola tertua yang mencetak brace pada ajang Piala Eropa. Ia mencetak brace ini pada usia 36 tahun dan 130 hari.

Rekor pencetak brace tertua sebelumnya dipegang oleh Andriy Shevchenko. Shevchenko mencetak brace pada laga antara Ukraina dan Swedia di Euro 2012. Waktu itu, pria yang saat ini menjadi pelatih Ukraina tersebut berusia 35 tahun dan 256 hari.

4 dari 5 halaman

Rekor Pepe

Pepe & Ricardo Quaresma (c) AFP

Cristiano Ronaldo bukan satu-satunya pemain Portugal yang mengukir rekor pada laga kontra Hungaria. Pemain belakang Portugal ini berusia 38 tahun dan 109 hari pada laga tersebut, membuatnya menjadi pemain tertua yang membela Portugal pada gelaran Piala Eropa. Sebelumnya, rekor ini dipegang ricardo Carvalho, yang membela Portugal pada usia 38 tahun dan lima hari.

Bagi Pepe -dan Joao Moutinho- gelaran Piala Eropa ini menjadi gelaran Piala Eropa keempat dalam perjalanan karier mereka.

5 dari 5 halaman

Aib Jerman

Timnas Jerman (c) AP Photo

Tak hanya rekor apik yang tercipta. Ada juga rekor buruk yang tercipta pada laga hari terakhir matchday pertama Euro 2020 ini.

Jerman, di luar dugaan, harus menelan kekalahan pada laga kontra Prancis. Bagi Der Panzer, ini merupakan kekalahan pada laga pertama mereka di sepanjang gelaran Piala Eropa yang mereka ikuti.

Sebelumnya, dari 12 laga pertama mereka di sepanjang sejarah Piala Eropa, Jerman meraih tujuh kemenangan dan lima hasil imbang.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah, Diolah dari IFFHS)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR