Rekor-Rekor dalam Dua Hari di Matchday Kedua Euro 2020

Serafin Unus Pasi | 18 Juni 2021, 21:04
Upacara pembukaan Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Gelaran Euro 2020 terus berlanjut. Saat ini, turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa tersebut sudah memasuki pertengahan matchday kedua.


Sejauh ini, enam laga sudah dituntaskan dalam dua hari matchday kedua ini. Sementara, saat berita ini ditulis, laga ketujuh antara Swedia dan Slovakia masih berlangsung.

Dari enam laga yang sudah digelar ini, ada sejumlah rekor yang tercipta dalam gelaran Euro 2020. Siapa saja para pencetak rekor dan apa saja rekor yang tercipta pada dua hari matchday kedua Euro 2020? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Kevin de Bruyne

Kevin De Bruyne, gelandang Belgia (c) AP Photo

Kevin de Bruyne menjadi satu-satunya pemain Eropa yang mencetak assist dalam tiap edisi dari empat turnamen paling akbar, Piala Eropa dan Piala dunia.

Pemain asal Belgia tersebut mencetak assist di Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016, Piala Dunia 2018, dan Piala Eropa 2020.

2 dari 6 halaman

Fernando Rapallini

Fernando Rapallini menjadi wasit asal Amerika Selatan pertama yang menjadi wasit utama dalam gelaran Piala Eropa. Wasit asal Argentina ini menjadi sosok non-Eropa kedua yang memimpin turnamen sepak bola antarnegara paling akbar di Benua Eropa tersebut.

Sosok non-Eropa pertama yang berkesempatan memimpin Piala Eropa adalah Gamal Al-Ghandour. Wasit asal Mesir ini sempat memimpin dua laga pada Euro 2000.

3 dari 6 halaman

Ezgjan Alioski

Timnas Makedonia Utara di Euro 2020 (c) AP Photo

Penggawa Makedonia Utara, Ezgjan Alioski, menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Eropa yang mencetak gol dari hasil bola rebound.

Dalam laga kontra Ukraina, Alioski sukses mencetak gol melalui bola rebound setelah sepakan penaltinya ditepis kiper Ukraina.

4 dari 6 halaman

Leonardo Spinazolla

Pemain Timnas Italia, Leonardo Spinazzola (kanan). (c) AP Photo

Spinazolla mencatat rekor kala memperkuat Timnas Italia saat menghadapi Timnas Swiss. Pemain serbabisa AS Roma ini menjadi pesepak bola tercepat, versi UEFA, pada turnamen Piala Eropa.

Dalam laga kontra Swiss, Spinazolla sempat mencatatkan kecepatan 33,8 km/jam. Ia mengungguli Daniel James (Wales, 33.5 km/jam) dan Raheem Sterling (Inggris, 33.1 km/jam).

5 dari 6 halaman

Maarten Stekelenburg dan Ryan Gravenberch

Timnas Belanda di Euro 2020 (c) AP Photo

Pada laga kontra Austria, Maarten Stekelenburg berusia 38 tahun dan 268 hari, sedangkan Ryan Gravenberch berusia 19 tahun dan 32 hari.

Perbedaan 19 tahun dan 236 hari antara kedua pemain tersebut merupakan perbedaan usia terbesar di antara rekan satu tim dalam gelaran Piala Eropa.

6 dari 6 halaman

Timnas Belanda

Timnas Belanda di Euro 2020 (c) Pool via AP

Timnas Belanda menjadi tim pertama yang dipastikan lolos dari fase grup Euro 2020 dengan status juara grup. Saat ini, Belanda tak terkalahkan dalam sembilan laga dalam dua turnamen besar, Piala Eropa dan Piala Dunia.

Catatan ini merupakan catatan rentetan kemenangan terpanjang yang dimiliki timnas dari negara-negara Eropa.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR