Rapor Pemain Spanyol Saat Tumbangkan Italia: Gavi Calon Legenda, Oyarzabal jadi Unsung Hero

Asad Arifin | 7 Oktober 2021, 07:35
Pablo Gavi melakukan debut internasional bersama Spanyol pada laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Bola.net - Spanyol meraih kemenangan penting atas Italia pada semifinal UEFA Nations League 2021 yang digelar di San Siro, Milan pada Kamis (7/10/2021) dini hari WIB. La Roja menang dengan skor 2-1.


Dua gol kemenangan Spanyol diborong oleh Ferran Torres di babak pertama. Italia yang bermain dengan 10 orang akibat kartu merah untuk Leonardo Bonucci sempat memperkecil ketinggalan lewat gol Lorenzo Pellegrini.

Kemenangan ini bukan hanya membawa La Roja melaju ke final, tapi juga membalas kekalahan di semifinal Euro 2020 lalu. Spanyol juga mengakhiri catatan tak terkalahkan Italia pada 37 laga beruntun.

Lantas, bagaimana rapor pemain timnas Spanyol saat mematahkan rekor unbeaten Italia? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 16 halaman

Unai Simon

Kiper Timnas Spanyol, Unai Simon. (c) AP Photo

Simon mendapat beberapa ancaman dari pemain Italia. Ada empat penyelamatan yang dilakukan Simon. Salah satunya dari peluang Bernadeschi. Dia tidak cukup beruntung karena kebobolan pada menit ke-83.

Rapor: 7

2 dari 16 halaman

Cesar Azpilicueta

Azpilicueta cenderung bertahan daripada menyerang. Azpilicueta mendapat tugas yang berat, mengawasi Insigne. Tugas yang dilakukan dengan baik. Azpilicueta tak sekalipun dilewati Insigne dan pemain Italia lain.

Rapor: 7,5

3 dari 16 halaman

Aymeric Laporte

Tidak sia-sia Spanyol 'membajak' Laporte dari Prancis. Laporte langsung menjadi andalan di lini belakang. Laporte bukan hanya cekatan saat bertahan, dia juga punya kemampuan baik melakukan buil-up. Laporte menjadi pemain paling sering melepas umpan (122).

Rapor: 8

4 dari 16 halaman

Pau Torres

Moise Kean terlibat perebutan bola dengan Pau Torres pada laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Torres sebenarnya bermain sangat bagus sejak awal. Tapi, pada proses gol Italia, Torres membuat kesalahan saat berduel dengan Chiesa. Hasilnya, gawang Spanyol pun kebobolan. Kesalahan yang cukup fatal.

Rapor: 6

5 dari 16 halaman

Marcos Alonso

Alonso membuat fans Spanyol tidak rindu pada kehadiran Jordi Alba. Alonso bermain sangat agresif dan membuat satu umpan kunci. Dia terlibat dalam proses build-up kedua gol Spanyol.

Rapor: 8

6 dari 16 halaman

Sergio Busquets

Sergio Busquets melakukan tekel pada Federico Chiesa di laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Busquets bermain sangat nyaman di lini tengah. Dia menjadi pusat permainan dan distribusi bola. Busquets melepas 99 umpan dan dua tekel. Dia mengatur ritme permainan dengan baik.

Rapor: 8

7 dari 16 halaman

Pablo Gavira

Aksi Gavi dalam duel Italia vs Spanyol, semifinal UEFA Nations League 2021 (c) AP Photo

Calon legenda lahir di San Siro. Dia adalah Gavi, 17 tahun.

Gavi berhadapan dengan gelandang kelas dunia, Jorginho dan Verratti. Tapi, dia tidak canggung. Banyak terlibat duel dan melakukan empat tekel. Gavi melepas 53 umpan, lebih banyak dari Jorginho dan Verratti.

Rapor: 9

8 dari 16 halaman

Koke

Koke berusaha melindungi bola dari Federico Chiesa pada laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Seperti biasa, Koke memberi energi yang besar di lini tengah. Dia memastikan pemain Italia tidak nyaman ketika mendapat bola. Koke punya daya jelajah yang cukup bagus.

Rapor: 7

9 dari 16 halaman

Pablo Sarabia

Perebutan bola antara Pablo Sarabia dan Alessandro Bastoni pada laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Sarabia memainkan peran sebagai 'false 9' pada laga ini. Sekilas, Sarabia tak banyak terlibat permainan. Tapi, saat Spanyol kehilangan bola, Sarabia adalah pemain paling merepotkan bagi build-up Italia.

Rapor: 7,5

10 dari 16 halaman

Mikel Oyarzabal

Mikel Oyarzabal terlibat duel dengan Giorgio Chiellini pada laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Oyarzabal menjadi 'unsung hero' bagi Spanyol. Dia mungkin tak mendapatkan pujian setinggi Torres atau Gavi. Tapi, dia punya kontribusi besar dengan dua assist yang dibuatnya.

Rapor: 8,5

11 dari 16 halaman

Ferran Torres

Selebrasi penyerang Spanyol, Ferran Torres usai membobol gawang Italia dalam laga semifinal UEFA Nations League 2021, Kamis (7/10/2021) (c) AP Photo

Bukan Fernando Torres, tapi Ferran Torres!

Di atas kertas, Torres tidak bermain untuk peran penyerang tengah. Tapi, dia acap kali berada di kotak penalti dan sangat efektif. Torres mencetak dua gol yang sangat vital untuk La Roja dari dua peluang yang didapat.

Rapor: 9

12 dari 16 halaman

Yeremi Pino

Pino menggantikan Torres pada menit ke-49. Pino membuat Emerson kelabakan dalam duel satu lawan satu. Pino punya dribel yang bagus. Dia melakukan tiga dribel sukses.

Rapor: 7,5

13 dari 16 halaman

Mikel Merino

Selebrasi Mikel Merino usai cetak gol untuk Spanyol di Olimpiade Tokyo 2020 (c) AP Photo

Merino menggantikan peran Koke pada menit ke-75. Kehadiran Merino membuat lini tengah Spanyol bermain cukup solid dan bermain lebih defensif.

Rapor: 7

14 dari 16 halaman

Bryan Gil

Bryan Gil masuk lapangan pada menit ke-75, menggantikan Sarabia. Pemain anyar Tottenham itu sempat melepas dua shots, satu tepat sasaran. Tapi, tidak cukup mengancam.

Rapor: 7

15 dari 16 halaman

Sergi Roberto

Masuk lapangan pada menit ke-83, menggantikan Gavi, tidak banyak momen penting dilakukan Roberto. Tapi, dia membantu Spanyol 'membunuh' permainan lebih cepat.

Rapor: -

16 dari 16 halaman

Luis Enrique

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique (c) AP Photo

Di balik kerja keras para pemain, Enrique juga harus mendapat pujian. Keputusan berani diambil dengan memainkan Gavi pada laga sangat penting. Keputusan yang menuai sukses besar.

Komposisi lini depan yang dipilih juga sangat tepat. Sarabia, Oyarzabal, dan Torres bekerja dengan baik. Sementara, Marcos Alonso juga banyak membantu serangan.

Rapor: 9

Sumber: Data statistik diolah dari Whoscored

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR