Rapor Pemain Portugal Saat Dihajar Jerman: Semedo Beban Keluarga, Ada yang Lihat Bruno Fernandes?

Serafin Unus Pasi | 20 Juni 2021, 08:15
Ekspresi para pemain Portugal usai dihajar Jerman dengan skor 4-2 di pertandingan kedua Grup F Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Sebuah hasil buruk menimpa Portugal tadi malam. Juara bertahan Euro itu kalah mengenaskan saat dihajar Jerman dengan skor 4-2.


Pertandingan yang digelar di Munich Arena itu pada awalnya dipimpin oleh Portugal. Melalui serangan balik, Cristiano Ronaldo berhasil membawa Selecao unggul terlebih dahulu.

Namun setelah unggul, Portugal malah dihantam balik oleh Jerman, dan skor sempat menjadi 4-1 untuk keunggulan Der Panzer. Diogo Jota sedikit meringankan 'aib' Portugal dengan mencetak gol sehingga pertandingan berakhir dengan skor 4-2.

Di laga ini performa Portugal secara garis besar memang buruk. Namun di antara para pemain itu ada beberapa yang penampilannya sangat mengenaskan. Siapa saja? Simak rapor para pemain Portugal usai dibabat Jerman versi Bola.net

1 dari 16 halaman

Rui Patricio - 5

Rui Patricio sebenarnya salah satu pemain terbaik Jerman di laga ini. Ia bekerja keras di laga ini di mana ia membuat total enam penyelamatan sepanjang laga.

Meski gawangnya kebobolan empat gol, namun kebobolan timnya itu lebih disebabkan buruknya koordinasi pertahanan Portugal. Meski sebagai seorang kiper ia seharusnya bisa mengatur rekan-rekannya.

2 dari 16 halaman

Raphael Guerreiro - 4

Bek kiri Portugal, Raphael Guerreiro bisa dikatakan salah satu pemain Portugal yang tampil di bawah standard.

Ia gagal membendung Joshua Kimmich sehingga sang wingback Jerman bisa leluasa melepaskan umpan silang ke kotak penalti Portugal. Dosanya semakin besar setelah membuat gol bunuh diri kedua Portugal sehingga Jerman membalikkan keadaan menjadi 2-1.

3 dari 16 halaman

Ruben Dias - 5

Diharapkan menjadi dinding kokoh untuk pertahanan Portugal, Dias sebenarnya tampil cukup apik di laga ini.

Ia beberapa kali membuat clearance dan menutup pergerakan penyerang Jerman. Namun performanya itu ternodai dengan gol bunuh diri yang ia buat.

4 dari 16 halaman

Pepe - 4

Jika ada yang ingin menghujat buruknya pertahanan Portugal, maka mereka harus menghujat Pepe sebagai otaknya.

Sebagai bek senior, Pepe gagal untuk mengorganisir pertahanan Portugal. Ia juga kerap berada di posisi yang tidak seharusnya sehingga pemain jerman bisa masuk ke dalam kotak pertahanan Portugal dengan mudah.

5 dari 16 halaman

Nelson Semedo - 2

Jika boleh menyebut pemain terburuk Portugal di laga ini, maka Semedo adalah namanya.

Bek Wolverhampton seakan tidak mengetahui tugasnya di lapangan, dan membiarkan Robin Gosens dengan enaknya mengobok-obok pertahanan Portugal sepanjang laga. Beruntung Gosens hanya bermain 60 menit, jika tidak Portugal bisa lebih babak belur di laga itu.

6 dari 16 halaman

Danilo Perreira - 5

Dipasang di lini tengah Portugal, Danilo tidak memberikan kontribusi yang signifikan.

Sebagai gelandang bertipe bertahan, ia gagal melapisi barisan pertahanan Portugal sehingga dengan mudah diobok-obok oleh penyerang Jerman yang memiliki kecepatan tinggi.

7 dari 16 halaman

William Carvalho - 5

Seperti Danilo, Carvalho juga tampil kurang memuaskan di laga ini.

Ia kesulitan untuk merebut bola dan mengalirkan bola sehingga Jerman berhasil mengunci Portugal di area pertahanan mereka sendiri. Ia akhirnya diganti Rafa Silva di menit 58.

8 dari 16 halaman

Diogo Jota - 7

Salah satu pemain terbaik Portugal di laga ini. Ia tampil lebih baik ketimbang saat menghadapi Hungaria.

Dengan kecepatannya, ia gesit dalam melakukan serangan balik. Berkat ketidakegoisannya, Portugal berhasil unggul melalui gol Cristiano Ronaldo. Ia juga mencetak gol kedua Portugal di laga ini.

9 dari 16 halaman

Bruno Fernandes - 3

Lagi-lagi, Bruno Fernandes seakan tidak nampak batang hidungnya di laga ini.

Playmaker Manchester United itu miskin kontribusi. Bahkan ia tidak tercatat melepaskan satupun tembakan di laga ini. Alhasil ia digantikan Joao Moutinho di menit 60an.

10 dari 16 halaman

Bernardo Silva - 6

Bernardo Silva juga tampil cukup apik di laga ini. Berkat umpannya yang akurat, Portugal berhasil unggul terlebih dahulu di laga ini.

Namun pemain Manchester City itu kerap lambat membantu pertahanan saat Jerman menggempur gawang Portugal. Entah ia cedera atau bagaimana, ia ditarik oleh Fernando Santos di jeda pertandingan.

11 dari 16 halaman

Cristiano Ronaldo - 7

Meskipun Portugal kalah, Cristiano Ronaldo layak mendapatkan penilaian yang apik di laga ini.

Alasannya sederhana, ia terlihat bekerja keras sepanjang laga. Gol Jota itu sebenarnya tidak akan tercipta jika Ronaldo tidak ngotot menghalau bola yang hampir out.

12 dari 16 halaman

Renato Sanches - 6 (Pemain Pengganti)

Renato Sanches masuk menggantikan Bernardo Silva di jeda pertandingan.

Pemain Lille itu sedikit banyak memberikan energi bagi lini tengah Portugal yang ditekan oleh Jerman. Ia nyaris mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti andai tendangannya itu tidak mengenai tiang gawang.

13 dari 16 halaman

Rafa Silva - 5 (Pemain Pengganti)

Rafa Silva masuk menggantikan William Carvalho di menit 58.

Baru masuk, Silva sudah membuat 'dosa' dengan tidak menjaga Gosens dengan benar sehingga Portugal kebobolan gol keempat mereka. Secara garis besar tidak memberikan dampak yang signifikan bagi Portugal sepanjang laga.

14 dari 16 halaman

Joao Moutinho - 6 (Pemain Pengganti)

Joao Moutinho masuk menggantikan Bruno Fernandes di menit 64.

Gelandang veteran ini berhasil menggantikan peran Fernandes sebagai playmaker sehingga Portugal tampil lebih menekan di babak kedua.

15 dari 16 halaman

Andre Silva - 5 (Pemain Pengganti)

Andre Silva turun di tujuh menit akhir babak kedua.

Sang striker sempat membuat satu peluang berbahaya namun gagal menjadi gol. Seharusnya ia dimasukkan lebih awal agar bisa membuat perbedaan.

16 dari 16 halaman

Fernando Santos - 5

Manajer Portugal itu kembali menunjukkan bahwa ia manajer yang miskin taktik.

Sejak awal pertandingan Portugal dibombardir oleh serangan Jerman namun ia tidak menemukan solusi untuk mengatasi itu. Pergantian pemainnya cukup efektif, meski yang menjadi tanda tanya mengapa ia membiarkan Semedo terus bermain meski ia tampil buruk.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR