Profil Grup F Euro 2020

Asad Arifin | 1 Mei 2021, 15:21
Profil Grup F Euro 2020 (c) Bola.net

Bola.net - Sebagai juara bertahan, Portugal tentu bertekad mempertahankan gelar Euro. Namun, langkah Portugal cukup berat karena mereka tergabung di grup neraka pada turnamen Euro 2020 tahun ini.


Portugal tergabung di Grup F bersama dua raksasa Eropa, Prancis dan Jerman. Kedua negara tersebut termasuk yang terkuat di Eropa saat ini.

Meski begitu, kekuatan Portugal juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Masih dimotori oleh Ronaldo, skuad Selecao das Quinas kini makin kaya pemain berbakat.

Di lini serang, mereka punya Joao Felix hingga Diogo Jota untuk menemani Ronaldo. Mereka juga masih punya Bernardo Silva yang juga bisa mencetak gol.

Jerman banyak berbenah terutama setelah tersingkir secara tragis di Piala Dunia 2018. Joachim Loew kini banyak memasukkan para pemain muda.

Timo Werner, Kai Havertz, Joshua Kimmich, dan Serge Gnabry menjadi andalan baru Jerman. Sementara Manuel Neuer, Toni Kroos dan Ilkay Gundogan bisa menyuntikkan pengalaman kepada para pemain muda.

Prancis akan datang ke Euro 2020 dengan status sebagai juara dunia. Tim asuhan Didier Deschamps tersebut pasti ingin mengawinkan trofi Piala Dunia 2018 dengan Euro 2020.

Les Bleus punya banyak pemain berbakat di skuadnya. Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Paul Pogba dan N'Golo Kante bakal jadi andalan Tim Ayam Jantan di turnamen ini.

1 dari 2 halaman

Ancaman Hungaria

Hungaria lolos ke Euro 2020 (c) AP Photo

Bagaimana dengan Hungaria? Hungaria menjadi salah satu dari empat negara yang menghuni Grup F.

Perjalanan Hungaria untuk tampil di Euro 2020 tahun ini memang tidak mudah. Mereka lolos lewat jalur play-off bersama Slovakia, Skotlandia, dan Makedonia Utara.

Setelah berjuang lewat penyisihan dan playoff, Hungaria justru tergabung di grup F. Mereka akan bertarung melawan Portugal, Prancis dan Jerman.

Kekuatan Hungaria mungkin tidak sebanding dengan ketiga tim raksasa tersebut. Namun, status sebagai underdog justru bisa membuat Hungaria berbahaya.

Gelandang muda RB Salzburg, Dominik Szoboszlai akan jadi andalan Hungaria. Pemain berusia 20 tahun itu merupakan nyawa utama lini tengah Hungaria.

Hungaria mesti mempersiapkan timnya sebaik mungkin agar mampu mengalahkan tiga raksasa di atas. Meski tidak diunggulkan, Hungaria siap memberikan kejutan di Euro 2020.

2 dari 2 halaman

Profil Singkat Pelatih

Fernando Santos. (c) AP

Fernando Santos (Portugal)

Fernando Santos mengambil alih kursi pelatih Timnas Portugal setelah Piala Dunia 2014. Sebelumnya, pria berusia 66 tahun itu pernah melatih klub-klub elite negara itu, seperti FC Porto, Sporting Lisbon, dan Benfica.

Santos sudah mengantar Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menjuarai Euro pada 2016. Dia juga membawa Portugal memenangkan UEFA Nations League tahun 2019 lalu.

Santos membawa Portugal lolos ke Euro 2020 sebagai runner up B. Selecao das Quinas hanya kalah sekali sepanjang babak kualifikasi.

Joachim Loew (Jerman)

Euro 2020 akan jadi turnamen terakhir Joachim Loew sebagai pelatih timnas Jerman. Loew akan meninggalkan posisinya yang selama 15 tahun telah dia tukangi.

Loew telah menangani tim berjuluk Die Mannschaft tersebut sejak 2006 menggantikan Jurgen Klinsmann. Sebelumnya, dia menjabat sebagai asisten pelatih timnas sejak sejak 2004.

Bersama Loew, Jerman berhasil memenangkan trofi Piala Dunia 2014 di Brasil. Salah satu penampilan fenomenal Jerman terjadi ketika mengalahkan tuan rumah Brasil dengan skor 1-7.

Didier Deschamps (Prancis)

Didier Deschamps adalah kapten yang membawa Prancis juara Piala Dunia 1998. Dia juga mengantarkan Les Bleus memenangkan Euro 2000.

Deschamps pun berhasil mengangkat Piala Dunia lagi setelah menjadi pelatih pada 2018. Ketika itu, Tim Ayam Jantan mengalahkan Kroasia di final.

Pria berusia 52 tahun itu tentunya juga ingin meraih kesuksesan di Euro 2020. Deschamps berpeluang mengawinkan trofi Piala Dunia dan Euro.

Marco Rossi (Hungaria)

Marco Rossi ditunjuk sebagai pelatih timnas Hungaria pada 19 Juni 2018. Dia menggantikan Georges Leekens.

Sebelum menangani Dominik Szoboszlai dan kolega, Rossi pernah menjadi pelatih klub Slovakia Dunajska Streda dan klub Hungaria Budapest Honved.

Rossi bahkan pernah meraih juara bersama Budapest Honved. Mereka berhasil menjuarai Liga Hungaria pada musim 2016/2017.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR