Pertama Masuk Final dan Kalah, Nasib Inggris Seperti Manchester City

Gia Yuda Pradana | 13 Juli 2021, 15:41
Inggris besutan Gareth Southgate kalah di final Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Euro 2020 menandai terciptanya sebuah sejarah. Inggris untuk pertama kalinya lolos ke final Piala Eropa. Juara? Tidak, mereka dikalahkan Italia.


Inggris unggul cepat lewat gol Luke Shaw di menit ke-2, tapi pasukan Gareth Southgate tak mampu mempertahankannya. Italia menyamakan skor lewat Leonardo Bonucci di menit 67, dan skor 1-1 tak berubah bahkan hingga habis waktu ekstra. Inggris kemudian kalah adu penalti 2-3.

Three Lions gagal memksimalkan kesempatan untuk menjadi juara. Nasib mereka sama seperti salah satu klubnya. Klub yang dimaksud adalah Manchester City, yang musim lalu dipaksa menelan pil pahit di kompetisi elite antarklub Eropa.

1 dari 2 halaman

Final Liga Champions Pertama Manchester City

Momen sesaat setelah peluit panjang duel final Liga Champions 2020/21, Manchester City vs Chelsea (c) AP Photo

Sepanjang sejarah partisipasinya di Liga Champions, Manchester City belum pernah jadi juara. Sebelum musim 2020/21 lalu, prestasi tertinggi mereka adalah ketika mencapai babak semifinal di musim 2015/16.

Bersama sang manajer Josep Guardiola, Manchester City berhasil lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah. Lawan mereka di final adalah sesama klub Inggris, yakni Chelsea, yang sudah pernah sekali juara pada musim 2011/12.

Bertarung dalam partai all-English final di Estadio do Dragao, Porto, Portugal, Manchester City dipaksa menyerah 0-1. Gol tunggal Kai Havertz membawa tim besutan Thomas Tuchel jadi kampiun.

2 dari 2 halaman

Beberapa Kemiripannya

Gelandang Timnas Italia, Jorginho (c) AP Photo

Inggris tampil di final Euro pertamanya, Manchester City tampil di final Liga Champions pertamanya.

Lawannya adalah tim sebelumnya sudah pernah sekali juara, yakni Italia (Euro 1968) dan Chelsea (Liga Champions 2011/12).

Italia dan Chelsea punya julukan yang sama, yakni Gli Azzurri dan The Blues (Si Biru). Jersey biru juga mereka pakai di final.

Tak ketinggalan pula, ada dua pemain Chelsea di skuad Italia yang menjuarai Euro 2020, yaitu Emerson Palmieri dan Jorginho. Kebahagiaan mereka pun dipastikan berlipat ganda.

Sementara itu, Kyle Walker, John Stones, Phil Foden, dan Raheem Sterling - para pemain Manchester City di skuad Inggris - harus merasakan pahitnya dua kali beruntun kalah di final bersama klub dan tim nasional.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR