Penalti Inggris Kontroversial, Gol Denmark Malah Harusnya Tidak Disahkan?

Yaumil Azis | 8 Juli 2021, 15:20
Denmark dikalahkan Inggris di semifinal Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Sebagian besar publik menyoroti penalti yang diberikan wasit kepada Inggris ketika bertemu Denmark dalam laga semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dinihari. Tanpa ada yang menyadari kalau gol Denmark pun seharusnya tidak disahkan.


Inggris berhasil memenangkan pertandingan yang digelar di Wembley Stadium tersebut dengan skor tipis 2-1. Hasil itu bisa didapatkan berkat gol bunuh diri Simon Kjaer dan aksi Harry Kane.

Perjuangan the Three Lions cukup berat. Mereka tertinggal lebih dulu setelah pemain Denmark, Mikkel Damsgaard, mencetak gol pada menit ke-30. Gol bunuh diri Kjaer yang lahir sembilan menit setelahnya membuat kedudukan kembali imbang.

Skor 1-1 bertahan sampai akhir waktu normal. Di masa extra time, Inggris mendapatkan hadiah penalti setelah Raheem Sterling dijatuhkan di kotak terlarang. Kane gagal melakukan tugasnya sebagai algojo, namun mampu memanfaatkan bola hasil tepisan Kasper Schmeichel untuk mencetak gol.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Ramai-ramai Menyoroti Penalti Inggris

Bisa dikatakan, penalti itulah yang menjadi kunci keberhasilan Inggris mengalahkan Denmark. Namun publik tidak sepakat dengan keputusan wasit karena pelanggaran tak seharusnya terjadi.

Tayangan ulang menunjukkan kalau kontak terhadap Sterling sangat minim, bahkan nyaris tak terjadi, sebelum penyerang Manchester City itu terjatuh. Tingkat keraguannya diyakini sangat besar.

Dalam situasi tersebut, banyak pihak yang meyakini kalau wasit seharusnya melihat tayangan ulang VAR. Itu yang tidak terjadi pada pertandingan tersebut: wasit mempercayai apa yang dilihat oleh tim VAR di area terpisah.

Perhatian publik tertuju pada momen pelanggaran dan penalti tersebut tanpa menyadari bahwa gol Denmark pun seharusnya dianulir. Lebih parahnya lagi, gol tersebut melanggar Laws of the Game yang ditetapkan FIFA.

2 dari 2 halaman

Gol Denmark Harusnya Dianulir

Sebagai informasi, gol tercipta lewat tendangan bebas yang dilepaskan dari jarak sejauh 27 meter dari gawang. Mungkin, banyak yang tidak menyadari kesalahan dalam eksekusinya karena sudah terpukau duluan dengan gol indah itu.

Pengguna Twitter bernama David Mooney, juga diketahui sebagai produser BBC 5 Live, mendeteksi kesalahan itu. Ia mengunggah sebuah kutipan yang diambil dari Laws of the Game milik FIFA.

"Di mana ada tiga atau lebih pemain dari tim yang bertahan membentuk 'dinding', semua pemain tim menyerang harus berada sejauh paling tidak satu meter (satu yard) dari 'dinding sampai bola dimainkan," begitu bunyi aturannya.

Denmark melanggar ini, sebagaimana yang terlihat dari dua tangkapan gambar dari akun Twitter bernama Total Soccer Show. Terlihat tiga pemain Denmark berdiri tepat di samping pagar betis Inggris dan mengganggu penglihatan Jordan Pickford.

(Express Sport)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR