Merih Demiral: Pencetak Sejarah di Euro 2020 Lewat Gol Bunuh Diri

Asad Arifin | 12 Juni 2021, 10:15
Merih Demiral mencetak gol bunuh diri ke gawang Italia pada laga pembuka Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Euro 2020 akan tercatat sebagai sejarah baru. Sebab, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Euro, gol perdana tercipta dari aksi bunuh diri. Gol itu tercatat atas nama Merih Demiral.


Euro 2020 dibuka dengan duel Turki vs Italia. Pada duel yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB itu, Italia meraih kemenangan telak dengan skor 3-0.

Italia bermain sangat dominan sejak menit awal. Namun, pasukan Roberto Mancini baru bisa mencetak gol pada babak kedua. Selain gol bunuh diri Demiral, gol Italia berasal dari aksi Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne.

1 dari 2 halaman

Sejarah Gol Merih Demiral

Nama Merih Demiral akan dicatat dalam sejarah Euro. Sebab, untuk pertama sejak Euro digelar pada 1960 lalu, gol pertama tercipta lewat proses gol bunuh diri. Merih Demiral jadi orang pertama dalam sejarah.

Milan Galic adalah pencetak gol pertama Euro. Pada Euro 1960, Galic mencetak gol untuk Yugoslavia pada duel melawan Prancis. Galic mencetak gol pada menit ke-11 dan Yugoslavia pun menang 5-4.

Selepas Galic, gol pertama pada tiap edisi Euro selalu dicetak dari proses normal, bukan gol bunuh diri. Pada Euro 2016 lalu misalnya, gol pertama dicetak oleh Olivier Giroud untuk timnas Prancis.

Yap, selamat ya Merih Demiral!

2 dari 2 halaman

Gol Pertama Ciri Immobile

Ciro Immobile menjelma sebagai salah satu pencetak gol terbaik di Serie A sejak bergabung dengan Lazio. Namun, Immobile tidak punya peruntungan yang cukup bagus ketika bermain di timnas Italia.

Satu catatan menarik tercipta saat Immobile mencetak gol ke gawang Turki. Sebab, ini adalah gol pertama pemain 30 tahun untuk Italia di turnamen mayor. Immobile baru mencetak satu gol di Piala Dunia atau Euro.

Immobile sendiri tampil bagus di laga melawan Turki. Dia jadi pemain yang paling sering menebar teror ke gawang Turki dengan enam shots. Lalu, Immobile juga membuat satu assist untuk gol Lorenzo Insigne.

Sumber: Squawka

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR