Mengapa Gol Kylian Mbappe Tidak Offside? Begini Pendapat Eks Wasit La Liga

Asad Arifin | 11 Oktober 2021, 07:50
Momen gol Kylian Mbappe di laga Spanyol vs Prancis, UEFA Nations League 2021 (c) AP Photo

Bola.net - Pemain Spanyol protes. Eric Garcia meyakini Kylian Mbappe dalam posisi offside sebelum membobol gawang Unai Simon. Gol yang membuat Prancis menang dengan skor 2-1 pada final UEFA Nations League 2021.


Prancis mewujudkan come back untuk mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1 dalam final UEFA Nations League 2021, San Siro, Senin (11/10/2021) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung sengit. Spanyol unggul terlebih dahulu lewat Mikel Oyarzabal (64'), Prancis membalikkan kedudukan melalui Karim Benzema (66') dan Kylian Mbappe (80').

Gol kemenangan Prancis mendapat protes keras dari pemain Spanyol. Mereka meyakini Mbappe dalam posisi offside. Wasit tidak tinggal diam dengan melihat VAR lebih dulu. Akhirnya, keputusan diambil dan gol Mbappe dianggap sah.

1 dari 3 halaman

Apakah keputusan itu sudah tepat?

Iturralde Gonzalez, mantan wasit La Liga, bekerja sama dengan AS dan Carrusel, memastikan gol Mbappe sah. Mbappe tidak dalam posisi offside karena ada sentuhan dari Eric Garcia sebelumnya terjadinya gol.

"Mbappe memulai dalam posisi offside, itu tidak diragukan lagi," kata Iturralde Gonzalez.

"Menyentuh bola tidak menghentikannya menjadi offside, Garcia mencoba untuk membersihkan bola tetapi tidak begitu jelas untuk dilihat. Dalam tayangan ulang, dia meluncurkan dirinya ke tanah untuk membersihkan bola tetapi jika dia menyentuh bola, gol itu sah. Eric berada di lapangan dan melakukan kontak dan itu membantu Mbappe," paparnya.

2 dari 3 halaman

Mbappe Tidak Menganggu Permainan

Mbappe jelas dalam posisi offside saat Theo Hernandez melepas umpan. Tapi, menurut Iturralde Gonzalez, Mbappe tidak mengganggu permainan, dalam hal ini upaya Eric Garcia untuk menyapu bola. Jadi, dia tidak offside.

"Dari sudut kami melihat pergerakan, kami tidak bisa melihat bola. Eric menyentuh bola. Untuk menyapu masalah, Mbappe tidak mengganggu permainan, tetapi kehadirannya memposisikan dirinya," kata Iturralde Gonzalez.

"Aturan menyatakan bahwa harus ada interferensi. Eric García bebas untuk membersihkan bola atau tidak. Selama saya bertugas menjadi wasit, itu juga tidak akan offside karena kuncinya adalah apakah ada gangguan," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Offside!

Pada akhirnya, Iturralde Gonzalez sampai pada kesimpulan bahwa Mbappe tidak dalam posisi offside. Gol itu sah walau ada kontroversi terkait keputusan yang diambil.

"Itu sesuai buku teks. Mbappe tidak mengganggu. Dia tidak membuat tantangan untuk bola. Mengganggu bek yang mungkin akan melakukan sapuan pada bola."

"Agar bisa dinyatakan offside dia harus mengganggu permainan. Jika memanfaatkan rebound, itu offside tapi bek menyentuh bola saat mencoba untuk membersihkannya. Dia secara efektif membantu lawannya," tutup Iturralde.

Sumber: Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR