Menanti Harga Koin Euro 2020 Naik Ribuan Kali Lipat

Afdholud Dzikry | 24 Juni 2021, 13:05
Menanti harga koin Euro 2020 naik. (c) Bola/Adreanus Titus

Bola.net - Dibutuhkan waktu selama tiga windu alias 24 tahun bagi sebuah seri koin komemoratif dari turnamen perebutan piala eropa antarnegara untuk bernilai dua puluh juta rupiah. Harga koin Euro 1996 tersebut naik sekitar sepuluh ribu kali lipat dibanding harga aslinya lantaran kejuaraan digelar di Inggris.


Ya, Negeri Pangeran Charles itu memang dijejali para kolektor koin yang fanatik dan mereka tidak mau seri koin UEFA Euro Championship yang dihelat di negara mereka banyak yang beredar di luar Inggris. Walhasil nilai koin pun meroket naik, terutama sejak lelang yang digelar London Coins pada musim panas 2016.

Nah boleh jadi kenaikan harga yang yahud pun kembali terjadi menimpa koin-koin seri Euro 2020 lantaran tajuk kejuaraan adalah Road to The UEFA Euro 2020 Final in London. Dengan melibatkan kata “London” dalam turnamen yang berusia 60 tahun ini tak pelak kepingan uang logam bakal jadi barang buruan kolektor asal Britania, terutama bila koin kelak sudah berumur di atas lima tahun.

Harga seri koin Euro 2020 ini pun diyakini para pengamat benda numismatik bakal naik karena ragam seri yang ditawarkan terbilang wow karena selain memperingati umur enam dekade kejuaraan ini, seri koin ini amat mewah dan salah satunya berupa seri balok-balok tipis emas dengan kadar emas dan berat yang lumayan mengundang minat.

Ada sebanyak lima seri koin Euro 2020 yang terdiri dari:

  1. Seri Koin Tim Partisipan (24 koin zinc-alloy berbentuk segi tujuh)
  2. Seri Koin Kota Tuan Rumah (12 batangan balok tipis emas)
  3. Seri Koin Wasit untuk Pengundian Kick-Off (satu koin dilengkapi plakat mika sebagai placeholder)
  4. Seri International Mint (8 koin perak, 6 koin emas, 2 koin kuningan)
  5. Seri Koin Trofi UEFA European Championship (2 koin perak, 2 koin emas, 2 koin kombinasi emas-perak)

Untuk seri tim partisipan meski nilai per keping hanya sekitar 20 pence atau dua ribu rupiah, namun seri ini hanya dicetak 10 ribu keping dan tidak dijual satuan, sehingga nilai resmi satu setnya saat ini saja secara total hanya Rp 48 ribu. Koin yang dirilis oleh negara Gibraltar tersebut berdiameter empat centimeter dengan berat masing-masing 28 gram.

Kemewahan mulai terasa di seri koin kedua Euro 2020 karena berupa batangan emas dengan nilai tukar resmi masing-masing batang emas adalah 1 pound alias Rp 20 ribu, padahal tiap batang memiliki berat setengah gram dengan kadar emas 90%. Dengan menakar nilai intrinsik emas tiap batang saja, saat ini dalam rupiah harga emas yang terkandung di dalamnya adalah sekitar Rp 420 ribu.

Uniknya lagi, dalam seri ini masih ada batang emas yang mewakili Dublin sebagai kota tuan rumah, yang telah resmi mengundurkan diri. Seri ini pun harganya bakal meroket karena dicetak sebanyak 10 ribu buah saja.

1 dari 1 halaman

Koin Tos Wasit Paling Unik

Koin wasit yang akan digunakan pada final Euro 2020. (c) store.uefaKoin wasit yang akan digunakan pada final Euro 2020. (c) store.uefa

Bila kedua seri di atas terbilang rutin diterbitkan di setiap kejuaraan, koin wasit untuk melakukan tos-tosan di asal pertandingan justru baru kali ini dijual sebagai barang komemoratif. Imbasnya, nilainya pun bakal naik karena terbilang istimewa dalam perayaan 60 tahun kejuaraan bergengsi ini. Koin ini berukuran besar dengan diameter 39 milimeter dan berat 28,4 gram dengan terbuat dari tembaga berlapis perak

Dalam seri international mint ada lima mata uang dari empat negara yang terangkum di dalamnya, yaitu Spanyol (kombinasi emas-perak, 27 gram, 40 mm, nilai tukar 100 euro, dicetak 6 ribu keping), Portugal (kombinasi perak-emas, 12 gram, 28 mm, nilai tukar 2,5 euro, dicetak 5 ribu keping), Rusia (kombinasi perak-emas, 8 gram, dicetak 2 ribu keping), Hongaria (alloy perak-tembaga-nikel, 31 gram, 38 mm, nilai tukar 10 ribu HUF, dicetak 5 ribu keping), dan Belgia (kuningan, 11 gram, 26 mm, nilai tukar 2,5 euro, dicetak 50 ribu keping). Menariknya hanya seri Rusia dan Belgia yang memiliki tahun rilis pada 2021 dan selebihnya di 2020.

Terakhir adalah seri koin bergambar trofi Euro 2020 yang dalam satu setnya memiliki dua jenis koin. Koin trofi yang terbuat dari emas memiliki berat setengah gram dengan diameter 11 milimeter. Nilai tukarnya adalah 1 pound (Rp20 ribu) dan dicetak sebanyak 5 ribu keping. Sementara itu untuk koin trofi yang terbuat dari perak berukuran lebih besar dengan diameter 39 milimeter (28,35 gram) dan bernilai tukar 1 pound yang dicetak sebanyak 10 ribu keping.

Bila pembaca ingin memiliki koin ini, belilah seri yang berupa batang emas karena nilainya terjamin secara intrinsik dan komemoratif. Pembelian bisa dilakukan secara daring di https://www.mdm-wholesale.com/uefa-euro-2020. Selamat berbelanja! (*)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR