Memanggil Harry Maguire ke Skuat Inggris Diklaim Sebagai Kesalahan, Kenapa?

Yaumil Azis | 2 Juni 2021, 08:32
Pemain Manchester United, Harry Maguire, terjatuh ketika bertabrakan dengan penggawa Aston Villa, Anwar El Ghazi, dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (9/6/2021). (c) AP Photo

Bola.net - Banyak yang beranggapan kalau Harry Maguire bakalan memainkan peran penting dalam partisipasi Timnas Inggris di ajang Euro 2020. Namun tidak demikian dengan mantan pemain Manchester United, Rio Ferdinand.


Maguire sendiri adalah sosok penting dalam skuad the Red Devils musim ini. Jika bukan dikarenakan cedera, pria berumur 28 tahun tersebut mungkin akan memainkan setiap laga yang digelar di musim 2020/21.

Cedera itu juga yang membuat pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, ketar-ketir. Ia bahkan tidak turut bermain ketika Manchester United menghadapi Villarreal dalam laga final Liga Europa pekan lalu.

Walaupun demikian, kondisi Maguire sudah berangsur pulih. Ia sebenarnya masuk dalam skuad Manchester United untuk final Liga Europa, namun hanya duduk di bangku cadangan. Southgate pun memutuskan untuk memanggilnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Ferdinand tak Restui Kehadiran Maguire

Keputusan itu dianggap normal oleh banyak orang. Biar bagaimanapun juga, kualitas Maguire sebagai seorang bek papan atas telah teruji. Namun buat Ferdinand, Southgate telah salah mengambil keputusan.

Bukan dikarenakan kualitas Maguire dalam menjaga benteng pertahanan, melainkan kondisinya yang belum benar-benar pulih. Bagi Ferdinand, pemain yang fisiknya belum 100 persen fit takkan mampu menghasilkan performa maksimal.

"Inggris membutuhkan bek tengah lainnya. Ini membuktikan kepada saya kalau dia [Southgate] dipastikan bermain dengan tiga pemain di belakang," ujarnya dalam kanal Youtube FIVE.

"Harry Maguire bahkan belum benar-benar pulih. Saya takkan membawa Maguire. Anda tidak bugar, anda tidak bugar dalam waktu yang lama, ini tidak masuk akal," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Ferdinand Sudah Melihat Langsung

Ferdinand tidak asal bicara. Sebagai mantan bek papan atas, ia pernah bermain dengan sejumlah bintang di eranya. Dan kata pria berusia 42 tahun tersebut, mereka tidak bisa menunjukkan performa maksimal karena kondisinya belum bugar.

"Saya pernah berada dalam skuad dengan pemain yang belum benar-benar fit dan mereka tidak bermain dengan apik ketika tidak menjadi dirinya sendiri," kata Ferdinand lagi.

"Itu terjadi dengan Becks [David Beckham] dan Wazza [Wayne Rooney]. Sebagus apapun Maguire, dia bukan Becks ataupun Wazza. Saya rasa anda tidak seharusnya membawa seseorang yang tidak fit 100 persen," pungkasnya.

Kata-kata Ferdinand baru bisa dibuktikan kebenarannya saat Inggris menjalani laga uji coba melawan Austria hari Kamis (3/6/2021) besok. Jika memungkinkan, Maguire bakal tampil pada pertandingan tersebut sejak menit awal.

(FIVE - via Metro.co.uk)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR