Man of the Match Prancis vs Swiss: Granit Xhaka

Yaumil Azis | 29 Juni 2021, 05:37
Pemain Swiss, Granit Xhaka. (c) AP Photo

Bola.net - Di luar dugaan, Swiss yang melawan Prancis dengan embel-embel tim kuda hitam mampu meraih kemenangan dalam laga 16 besar Euro 2020 hari Selasa (29/6/2021). Perjuangan mereka untuk bisa mengalahkan sang kandidat juara cukup besar.


Swiss memenangkan pertandingan yang digelar di National Arena tersebut lewat drama adu penalti dengan skor 5-4. Di waktu normal hingga perpanjangan waktu, kedua negara bermain imbang dengan skor 3-3.

Mulanya Swiss sempat unggul lebih dulu berkat aksi Haris Seferovic pada menit ke-15. Aroma kekalahan sempat tercium setelah Prancis mencetak tiga gol di babak kedua, membuat Swiss tertinggal 1-3.

Namun jelang babak kedua usai, Swiss berhasil menyamakan kedudukan dan membuat pertandingan berlanjut ke masa extra time. Pemenang baru bisa ditentukan dalam drama adu penalti. Swiss menang setelah Mbappe gagal melaksanakan tugasnya sebagai penendang kelima.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1 halaman

Man of the Match

Jika dilihat dari perolehan golnya, Seferovic seharusnya bisa dinobatkan sebagai man of the match pada pertandingan kali ini. Namun UEFA memilih memberikan gelar tersebut kepada sang gelandang, Granit Xhaka.

Pemain Arsenal tersebut tampil sejak menit awal hingga drama adu penalti. Performanya terbilang apik karena mampu menjadi penyeimbang antara lini serang dan pertahanan Swiss, di mana itu memang tugas utama seorang gelandang.

Xhaka melepaskan satu tembakan, menyelesaikan 80 dari 87 operan dan membuat tiga umpan kunci. Cukup menggambarkan kontribusinya buat lini serang. Sementara untuk pertahanan, ia ia mampu memenangkan dua duel udara, melakukan dua kali tackling, satu sapuan dan tiga intersep.

"Dia sangat mengesankan di lini tengah, baik saat menyerang serta bertahan. Seorang pemimpin sejati buat timnya, dengan komunikasi dan organsisasi yang baik," ucap pengamat teknis UEFA, Corinne Diacre.

(UEFA)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR