Man of the Match Belanda vs Ukraina: Denzel Dumfries

Yaumil Azis | 14 Juni 2021, 04:48
Pemain Timnas Belanda, Denzel Dumfries. (c) AP Photo

Bola.net - Pertarungan sengit tersaji dalam laga perdana Grup C Euro 2020 yang mempertemukan Timnas Belanda dengan Timnas Ukraina, Senin (14/6/2021) dinihari. Die Oranje berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 3-2.


Aroma pertarungan sengit sudah tercium sejak babak pertama yang berakhir dengan skor imbang 0-0. Gol baru tersaji di awal babak kedua melalui aksi Georginio Wijnaldum yang berhasil membuat Belanda unggul lebih dulu.

Wout Weghorst membuat Belanda unggul 2-0 pada menit ke-58. Belanda terlihat nampak akan meraih kemenangan sampai di menit ke-75 dan 79. Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk bergantian menjebol gawang Die Oranje dan mengubah skor menjadi imbang 2-2.

Pada akhirnya, tiga poin tetap menjadi milik Belanda. Skuat besutan Frank de Boer tersebut kembali unggul pada menit ke-85 berkat gol Denzel Dumfris dan mampu mempertahankan keunggulan 3-2 tersebut sampai peluit panjang dibunyikan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya

1 dari 2 halaman

Man of the Match

Selaku pencetak gol kemenangan, tidak heran kalau UEFA menganugerahkan man of the match kepada Dumfries. Pemain berusia 25 tahun itu tanpa letih menjalankan perannya sebagai wingback dengan naik turun menyusuri sisi kanan Die Oranje.

Ada beberapa kesempatan di mana Dumfries nyaris mencetak gol untuk Belanda. Salah satunya tercipta pada menit ke-5. Jika bukan karena aksi Georgi Bushchan yang begitu apik, Dumfries seharusnya mampu mengantongi dua gol di laga ini.

"Dia memberikan begitu banyak energi kepada permainan, terlibat dalam penciptaan peluang serta menciptakan gol kemenangan," kata pengamat teknis UEFA, Frans Hoek, mengomentari penampilan Dumfries dinihari tadi.

2 dari 2 halaman

Statistik Penting

Whoscored sendiri memberikan rating 7.2 untuk penampilan pemain PSV Eindhoven tersebut. Ia melepaskan total tiga kali tembakan yang dua di antaranya berhasil menemui sasaran.

Dumfries jarang membuat operan. Namun sekalinya dilakukan, ia nyaris tanpa kesalahan. Whoscored mencatat kalau sang wingback mampu menyelesaikan 31 dari 38 operan dan tidak ketinggalan melakukan satu key pass.

Dumfries juga melakukan empat duel udara yang semuanya berhasil dimenangkan. Namun dari segi pertahanan, ia tidak begitu baik. Dumfries dilewati pemain lawan sebanyak dua kali dan hanya mampu menuntaskan satu tackling dari tiga percobaan.

(UEFA/Whoscored)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR