Magis Mancini di Timnas Italia: 2018 Gagal Lolos Piala Dunia, 2021 Juara Euro

Asad Arifin | 12 Juli 2021, 10:43
Roberto Mancini sukses membawa Italia juara Euro 2020 (c) AP Photo
Roberto Mancini sukses membawa Italia juara Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Roberto Mancini ditunjuk sebagai pelatih timnas Italia pada Mei 2018. Saat itu, situasi sepak bola Italia sedang kacau karena mereka baru saja gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Tapi, di tangan Mancini, kini Italia juara Euro 2020.

Italia menjadi juara Euro 2020 usai mengalahkan Inggris di final, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Pada duel di Wembley itu, Italia menang lewat babak adu penalti usai bermain imbang 1-1 pada waktu normal dan tambahan waktu.

Bagi Italia, gelar juara ini terasa sangat heroik. Sebab, Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Italia dalam kondisi yang kusut karena kegagalan itu. Lalu, Mancini ditunjuk sebagai pelatih. Dari situlah awal kebangkitan sepak bola Italia dimulai.

Simak kronik kebangkitan timnas Italia bersama Roberto Mancini di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Awal yang Sulit

Mancini memulai kiprahnya di Italia dengan tidak meyakinkan. Italia 'hanya' menag 2-1 atas Arab Saudi. Mario Balotelli jadi pencetak gol pertama timnas Italia pada era Mancini.

Empat hari setelah kemenangan itu, Italia kalah. Italia kalah dari Prancis dengan skor 3-1. Langkah Italia makin nampak tidak meyakinkan.

Kemenangan baru kembali didapat saat Italia berjumpa Polandia di UEFA Nations League, Oktober 2018. Italia menang 1-0 lewat gol yang dicetak Cristiano Biraghi. Momen inilah yang kemudian membawa Italia terbang tinggi.

2 dari 4 halaman

34 Laga Tanpa Kekalahan

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. (c) AP Photo

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. (c) AP Photo

Di bawah kendali Mancini, Italia menjadi tim yang solid. Jauh sebelum Euro 2020, Italia sudah menunjukkan tanda-tanda bakal tampil bagus. Kini, selain juara, Italia juga tidak terkalahkan pada 34 laga beruntun.

Italia terakhir kali kalah pada November 2018 lalu. Saat itu, Italia kalah dari Portugal dengan skor 1-0 lewat gol Andre Silva. Setelah itu, laju Gli Azzurri tidak terbendung. Bahkan, saat melawan tim-tim terbaik seperti Belgia dan Spanyol.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya, Piala Dunia 2022?

Selebrasi kemenangan Italia di Euro 2020. (c) AP Photo/Riccardo De Luca

Selebrasi kemenangan Italia di Euro 2020. (c) AP Photo/Riccardo De Luca

Roberto Mancini punya kontrak jangka panjang dengan Italia. Dia masih akan melatih Italia hingga 2026. Mancini punya kesempatan untuk mempertahankan gelar juara Euro yang diraihnya saat ini, empat tahun ke depan.

Namun, target jangka pendek Italia adalah Piala Dunia 2022 di Qatar. Italia punya peluang besar karena sebagian besar pemain mereka di Euro 2020 diprediksi masih bisa tampil di Piala Dunia tahun depan.

Namun, tugas itu tidak akan mudah. Berdasar catatan sejarah, hanya ada dua negara yang mampu juara Euro disusul juara Piala Dunia. Dua negara itu adalah Jerman Barat [Euro 1972 dan Piala Dunia 1974] dan Spanyol [Euro 2008 dan Piala Dunia 2010].

So, mampukah Italia mengikuti jejak kedua negara itu?

4 dari 4 halaman

Statistik Mancini di Timnas Italia

Berikut adalah catatan statistik Roberto Mancini bersama timnas Italia:

  • Pertandingan: 37 [28 menang, 7S imbang, 2 kalah]
  • Pemain dipakai: 67
  • Pemain andalan: Leonardo Bonucci [32 laga]
  • Top skor: Andrea Belotti dan Ciro Immobile [8 gol]
  • Pencetak gol pertama: Mario Balotelli
  • Top assist: Lorenzo Insigne dan Nicolo Barella [6 assist]

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR