Kunci Permainan Inggris Ada di Double Pivot Rice-Phillips!

Richard Andreas | 17 Juni 2021, 06:00
Declan Rice, gelandang Inggris (c) AP Photo

Bola.net - Staring line-up Inggris untuk Euro 2020 ini diyakini tidak akan banyak berubah dari laga pertama kontra Kroasia kemarin. Gareth Southgate akan menurunkan pemain-pemain yang sama, khususnya di lini tengah.


Minggu (13/6/2021) lalu, Inggris memulai turnamen dengan kemenangan 1-0 atas Kroasia. Southgate membuat sejumlah keputusan berani dalam starting line-up, termasuk duet Declan Rice-Kalvin Phillips di lini tengah.

Dua pemain ini ternyata bermain sangat baik di area depan empat bek. Keduanya mengisi posisi double pivot yang membuat permainan Inggris jadi jauh lebih stabil.

Karena itu, duet Rice-Phillips diyakini tidak akan berubah di laga-laga berikutnya. Mengapa begitu?

1 dari 3 halaman

Tidak akan berubah!

Keyakinan terhadap duet Rice-Phillips disampaikan oleh Gary Neville, eks Manchester United. Menurutnya, Southgate telah membuat keputusan yang sangat tepat di laga pertama kontra Kroasia kemarin.

Duet Rice dan Phillips tampak sangat nyetel. Rice lebih banyak bertahan, Phillips jadi pemain yang lebih aktif menghubungkan permainan.

"Saya kira apa yang kita lihat di laga kontra Kroasia adalah reaksi Southgate terhadap kekhawatiran kita sebelum turnamen, bahwa kelemahan mereka ada di sisi pertahanan dan bahwa mereka harus meraih clean sheets jika ingin juara," ujar Neville di Sky Sports.

"Double pivot itu, yakni dua pemain di depan barisan empat bek, itu tidak akan berubah, Anda boleh yakin soal itu."

2 dari 3 halaman

Harus stabil untuk juara

Kalvin Phillips, gelandang Inggris (c) AP Photo

Menurut Neville, duet Rice-Phillips juga sangat penting dalam membantu pertahanan. Keduanya bermain sangat rapi, barisan bek jadi ikut diuntungkan. Inilah yang dibutuhkan Inggris untuk bersaing.

"Ketika Anda memasuki turnamen, Anda bisa saja bicara soal mencetak gol, tapi Anda tahu bahwa Anda akan menghadapi tim-tim seperti Portugal, Prancis, Jerman, atau Spanyol di turnamen ini dan Anda harus bisa bertahan dengan baik," sambung Neville.

"Saya kira lini tengah itu tidak akan berubah. Jordan Henderson tidak berada di kondisi fisik yang sama seperti Phillips dan Rice."

3 dari 3 halaman

Sudah padu

Lebih lanjut, Neville merasa duet Rice-Phillips sudah terbukti tangguh. Karena itu, tidak ada alasan untuk mencoba-coba kombinasi lain, sejauh ini keduanya terbukti main apik.

"Saya merasa Declan Rice termasuk pemain yang tidak bisa tergantikan, dia akan bermain di setiap pertandingan," lanjut. Neville.

"Lalu, soal Kalvin Phillips, usai permainannya kontra Kroasia, dia akan bermain di samping Rice. Saya kira Southgate tidak akan mengubah itu," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR