Kata Direktur KNVB, Kesalahan Tunjuk De Boer Sejak Awal?

Richard Andreas | 30 Juni 2021, 03:30
Frank de Boer saat masih menangani Belanda di Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Direktur KNVB, Nico-Jan Hoogma, bicara cukup pajang soal pengunduran diri Frank de Boer. Dia mengaku bertanggung jawab, tapi tidak ada alasan untuk ikut-ikutan mundur dari jabatannya.


Selasa (29/6/2021), kabar mengejutkan datang dari Belanda. De Boer memilih mundur usai kegagalan di Euro 2020, Belanda disingkirkan Republik Ceko di babak 16 besar.

Pengunduran ndiri De Boer lantas ramai dibicarakan. Sejak awal De Boer sudah diragukan dan kini dia terbukti gagal mengembangkan potensi Belanda.

Akibatnya, posisi Hoogma sebagai pihak yang menunjuk De Boer juga dikritik. Lalu apa katanya?

1 dari 3 halaman

Hari yang sulit

Hoogma menegaskan bahwa perpisahan dengan De Boer tidak berjalan dengan mudah. De Boer sendiri yang meminta mundur demi kebaikan tim dan dirinya sendiri, Hoogma harus menyetujui itu.

"Obrolan siang ini tidak menyenangkan. Frank [De Boer] sendiri mengindikasikan bahwa tekanannya bakal terlalu besar jika dia lanjut," kata Hoogma di Football Oranje.

"Selain itu, kami juga punya kesepakatan kontrak, sebut saja mencapai perempat final. Sayangnya kami gagal mencapai target itu."

"Kami juga tidak bisa terus bekerja sama karena itu," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Kesalahan tunjuk De Boer

Kegagalan Belanda di Euro kemarin juga membuat fans mengarahkan kekecewaan mereka pada federasi. Sejak awal fans ragu De Boer adalah sosok yang tepat untuk mengambil alih tim yang dilepas Ronald Koeman.

"Saya tidak ingin menyebutnya demikian [kesalahan tunjuk De Boer], tetapi saya memang merasa bertanggung jawab untuk itu," sambung Hoogma.

"Saat itu kami membuat perkiraan ke depan, tapi pada akhirnya tidak sesuai dengan harapan kami. Tentu saja Anda perlu mengevaluasi diri, tapi saya tidak akan kabur."

3 dari 3 halaman

Pelatih pengganti

Hoogma langung menegaskan komitmen federasi sepak bola Belanda untuk menunjuk pelatih baru. Kali ini mereka tidak akan terburu-buru menunjuk pelatih pengganti.

"Saat itu saya bergtanggung jawab [menunjuk pelatih baru] dan sekarang saya harus bertanggung jawab lagi, yakni untuk memastikan kami punya pelatih timnas yang tepat dalam dua bulan ke depan," tutup Hoogma.

Sumber: Football Oranje

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR