Kalvin Phillips, Bintang Timnas Inggris di Euro 2020 Berjuluk Yorkshire Pirlo

Asad Arifin | 14 Juni 2021, 08:13
Kalvin Phillips, gelandang Inggris (c) AP Photo

Bola.net - Raheem Sterling mencetal gol yang membawa Inggris menang atas Kroasia di laga perdana Grup D Euro 2020. Namun, perhatian fans timnas Inggris tertuju pada sosok gelandang Kalvin Phillips.


Inggris menang dengan skor 1-0 saat berjumpa Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB. Gol kemenangan Inggris dicetak Raheem Sterling pada menit ke-57.

Pemain asal klub Manchester City itu menerima umpan ciamik dari Kalvin Phillips. Umpan manis itu kemudian membuat nama Phillips mendapat banyak pujian. Bahkan, tidak sedikit yang menilai dia layak menjadi Man of the Match duel Inggris vs Kroasia.

Lantas, siapa sih Phillips? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Dijuluki Yorkshire Pirlo

Masuknya Kalvin Phillips dalam skuad Inggris di Euro 2020 sejatinya cukup mengejutkan. Sebab, dia termasuk pemain yang minim pengalaman. Namanya tidak cukup populer dibanding James Ward-Prowse atau Ross Barkley.

Namun, performa apik Phillips membuat fans Inggris menyadari betapa besarnya potensi gelandang 25 tahun itu.

Phillips bermain sangat bagus di lini tengah Inggris. Pada duel lawan Kroasia, Phillips punya akurasi umpan mencapai 95 persen. Phillips menjadi pemain yang paling sering menang dalam pemulihan penguasaan bola yakni tujuh kali.

Phillips nampak sangat jeli dalam mengkreasi peluang peluang. Akurasi umpan terobosan pemain Leeds United itu mencapai 100 persen. Begitu juga dengan umpan jauhnya. Fans timnas Inggris pun memberi julukan Yorkshire Pirlo untuk Phillips.

2 dari 6 halaman

Berkat Sentuhan Bielsa

Permainan apik Phillips tentu saja tidak terjadi begitu saja. Ada proses panjang yang dilalui sebelum Phillips 'dipanen' Gareth Southgate bersama timnas Inggris di Euro 2020.

Phillips tidak pernah membela timnas Inggris pada level usia. Dia bukan pemain yang punya bekal mentereng di level junior layaknya Mason Mount atau Declan Rice.

Phillips awalnya adalah seorang gelandang serang. Pada musim 2017/2018, ketika Leeds masih bermain di Championship, dia tampil bagus dengan mencetak tujuh gol.

Musim berikutnya, Marcelo Bielsa datang dan mengubah segalanya. Di tangan Bielsa, Phillips diubah jadi gelandang bertahan. Performa Phillips sempat angin-anginan. Tapi, pilihan Bielsa untuk Phillips kini terbukti jitu.

Phillips menjadi aktor penting di balik sukses Leeds promosi dan bertahan di Premier League.

3 dari 6 halaman

Energi yang Besar

Masa lalu sebagai gelandang serang membuat Phillips menjadi pemain yang lengkap di lini tengah. Phillips bukan hanya pandai merebut bola, dan melepas umpan, tapi juga melakukan drible. Phillips punya kombinasi skill yang lengkap.

"Phillips di lini tengah, dia membawa energi. Southgate berani mengubah lini tengah dan memainkan Rice sedikit lebih dalam, dengan Phillips di kanan dan Mount di kiri," kata Frank Lampard pada BBC Sport.

4 dari 6 halaman

Penjelasan Southgate

Southgate senang karena Phillips punya karakter yang bagus. Dia pun mengucapkan terima kasih pada Marcelo Bielsa yang mencetak Phillips menjadi pemain hebat seperti saat ini.

"Kalvin Phillips adalah pemain yang sangat bersahaja. Dia memiliki awal yang fantastis untuk karir internasionalnya. Saya pikir dia luar biasa sepanjang laga, layaknya pemain lain."

"Bekerja dengan Marcelo Bielsa dan menjalani musim yang membuatnya percaya diri, tetapi semua atribut ada di sana. Performa top dan rendah hati. Kami sangat menyukainya," kata Southgate.

5 dari 6 halaman

Respon Phillips

Kalvin Phillips mendapat banyak pujian atas performanya di laga melawan Kroasia. Perannya dinilai sangat vital. Fans Leeds United tidak salah memberinya julukan Yorkshire Pirlo. Tapi, dia tetap tenang.

"Ini adalah perasaan yang luar biasa untuk membuat assist dan perasaan yang luar biasa untuk tiga poin. Saya tenang. Saya adalah orang yang tidak peduli apa pun yang dilemparkan kepada saya," kata Phillips.

"Saya hanya mencoba dan menerimanya dengan tenang," tegas pemain memulai karir profesional di Leeds United itu.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR