BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kalah Setengah Lusin Gol, Sekarang Jerman Paham Apa yang Dirasakan Brasil

18-11-2020 07:00 | Richard Andreas

Ekspresi kekecewaan skuad Jerman usai dihajar Spanyol dengan skor telak 6-0, UEFA Nations League 2020. (c) AP Photo Ekspresi kekecewaan skuad Jerman usai dihajar Spanyol dengan skor telak 6-0, UEFA Nations League 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Jerman menelan kekalahan memalukan dari Spanyol pada ajang UEFA Nations League 2020, Rabu (18/11/2020) dini hari WIB. Tak ada yang menduga Der Panzer takluk dengan skor telak 0-6.

Ya, pasukan Joachim Loew kebobolan setengah lusin gol dalam satu pertandingan. Ini merupakan kekalahan terburuk Jerman dalam 90 tahun terakhir -- dan jelas kekalahan paling besar di laga kompetitif.

Toni Kroos dkk. tak berdaya menghadapi gempuran Spanyol. Ferran Torres mencetak hattrick, lalu Alvaro Morata, Rodri, dan Mikel Oyarzabal masing-masing menyumbang satu gol.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Rekor Buruk

Jerman dikenal sebagai salah satu tim terkuat Eropa beberapa tahun terakhir, jelas hasil ini mengejutkan. Terlebih pada beberapa laga terakhir Spanyol tampak tak maksimal, Jerman seharusnya bisa main lebih baik.

Hasil ini pun melampaui beberapa catatan kekalahan besar Jerman. Mulai dari kekalahan 1-5 dari Inggris pada tahun 2001 dan kekalahan 3-8 dari Hongaria di tahun 1954, saat itu masih bernama Jerman Barat.

Hasil ini pun sama buruknya dengan kekalahan 0-6 dari Austria pada tahun 1931. Terakhir kali Jerman kebobolan enam gol dalam satu pertandingan terjadi pada Piala Dunia 1958, saat itu mereka dihajar Prancis.

2 dari 2 halaman

Sekarang tahu rasanya

Kebobolan setengah lusin gol jelas jadi pengalaman traumatik bagi tim Jerman. Setidaknya sekarang mereka tahu apa yang dirasakan tim Brasil pada Piala Dunia 2014 silam.

Betapa tidak, kala itu Jerman membantai Brasil dengan skor besar 7-1 pada duel semifinal. Kekalahan itu begitu pahit bagi Brasil yang berstatus sebagai tuan rumah.

Kini giliran Jerman yang merasakannya. Spanyol tampil sempurna untuk membalaskan dendam Brasil. Kekalahan ini pun jadi tamparan untuk Joachim Loew, yang posisinya sebagai pelatih mulai diragukan.

Sumber: Goal, Twitter

KOMENTAR