Jude Bellingham, Pemain Termuda dalam Sejarah Euro!

Richard Andreas | 14 Juni 2021, 03:30
Aksi Jude Bellingham di laga Inggris vs Kroasia, Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan 1-0 Inggris atas Kroasia di matchday 1 Grup D Euro 2020 menjadi pengalaman istimewa bagi bintang muda The Three Lions, Jude Bellingham. Dia memecahkan rekor pemain termuda di kompetisi tersebut.


Gelandang Borussia Dortmund ini masuk sebagai pemain pengganti untuk Harry Kane di menit ke-82. Ini adalah penampilan pertama Bellingham di turnamen Euro, sekaligus laga pertama Inggris di Euro 2020.

Bellingham juga memecahkan rekor Michael Owen dengan jadi pemain termuda Inggris di turnamen mayor.

1 dari 2 halaman

17 tahun 349 hari

Menurut Opta, dengan bermain di laga kontra Kroasia, Bellingham membuat debut untuk Inggris di usia 17 tahun 349 hari.

Dia memecahkan rekor pemain termuda yang pernah bermain di Euro sekaligus jadi pemain termuda yang pernah mewakili Inggris di turnamen mayor selevel Euro dan Piala Dunia.

Catatan ini sangat istimewa, mengingat Bellingham awalnya diduga akan lebih banyak dicadangkan. Namun, ternyata Gareth Southgate mau memberinya kepercayaan lebih.

2 dari 2 halaman

Catatan Sterling

Bukan hanya Bellingham yang berpesta di laga ini, melainkan juga Raheem Sterling. Sebagai pencetak gol tunggal Inggris, Sterling menorehkan catatan istimewa untuk timnya.

Tercatat, Sterling selalu terlibat dalam 19 gol Inggris dalam 17 pertandingan terakhir. Inggris juga bisa menorehkan 10 kemenangan selama Sterling mencetak gol

Gol ini juga jadi pembuktian Sterling yang pada awalnya dikritik fans tidak layak jadi starter. Sterling terbukti masih jadi pemain penting di bawah Southgate.

Sumber: Opta

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR