BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jerman Kalah Memalukan, Joachim Loew: Segalanya Keliru

18-11-2020 07:05 | Richard Andreas

Ekspresi kekecewaan skuad Jerman usai dihajar Spanyol dengan skor telak 6-0, UEFA Nations League 2020. (c) AP Photo Ekspresi kekecewaan skuad Jerman usai dihajar Spanyol dengan skor telak 6-0, UEFA Nations League 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Joachim Loew tidak bisa bersembunyi di balik kekalahan 0-6 Jerman dari Spanyol di ajang UEFA Nations Lague, Rabu (18/11/2020) dini hari WIB tadi. Loew terpojok dan dia pun mengakui segalanya berjalan buruk.

Duel Jerman kontra Spanyol selalu sengit, kedua tim punya kekuatan setara dengan gaya main yang berbeda. Namun, tentu tidak ada yang menduga Spanyol bisa menggelontor setengah lusin gol ke gawang Manuel Neuer.

Ini adalah kekalahan terbesar Jerman nyaris dalam 90 tahun terakhir -- dan merupakan kekalahan terbesar di ajang kompetitif.

Loew tidak bisa berdalih. Dia mengakui Jerman pantas kalah, bahkan kekalahan ini pun tidak bisa dia jelaskan.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Segalanya keliru

Mimpi buruk Jerman dimulai dengan gol Alvaro Morata di menit ke-17. Sejak saat itu permainan Toni Kroos dkk. kocar-kacir dan membiarkan Spanyol unggul tiga gol di babak pertama, lalu Tim Matador menambah tiga gol lagi di babak kedua.

"Ini hari yang sangat buruk bagi kami, tidak ada yang berjalan benar. Tidak ada yang bisa dilihat di lapangan dalam hal bahasa tubuh kami, cara kami membawa diri, dan bagaimana kami menghadapi duel-duel," kata Loew dikutip dari DFB.

"Segalanya keliru, baik di lini pertahanan maupun lini serang. Setelah kebobolan gol pertama, kami langsung kehilangan kontrol untuk taktik kami."

2 dari 2 halaman

Kesalahan fatal

Sesuai kata Loew, permainan Jerman langsung runtuh usai kebobolan gol pertama. Mereka sebenarnya mencoba langsung menyamakan kedudukan, tapi justru lupa bertahan.

"Kami menggempur ke depan dan menciptakan banyak ruang kosong. Permainan kami tidak padu dan kami tidak berkomunikasi dengan baik, yang merupakan kesalahan fatal," lanjut Loew.

"Kami tidak bisa mengontrol pertandingan dan tidak memenangi duel apa pun. Malam ini adalah pukulan mundur bagi kami. Kami harus menganalisisnya dan melihat apakah kami bisa membuat penilaian," tutupnya.

Sumber: DFB

KOMENTAR