Italia Melangkah ke Final Euro 2020, Leonardo Bonucci: Satu Sentimeter Lagi!

Yaumil Azis | 7 Juli 2021, 08:31
Bek Timnas Italia, Leonardo Bonucci. (c) AP Photo

Bola.net - Italia benar-benar dibuat menderita oleh Spanyol dalam laga semifinal Euro 2020 yang digelar pada Rabu (7/7/2021) dinihari tadi. Untungnya, mereka mampu keluar sebagai pemenang lewat drama adu penalti.


Permainan Spanyol benar-benar menyulitkan hingga Italia tak bisa mencatatkan tembakan tepat sasaran di babak pertama. Situasinya berubah pada menit ke-60, di mana Federico Chiesa sukses membuat Gli Azzurri unggul lebih dulu.

Sayangnya, keunggulan tersebut hanya bertahan selama 20 menit saja. Alvaro Morata membuat skor kembali imbang 1-1 yang bertahan sampai waktu normal usai. Kedudukan tidak mengalami perubahan di masa perpanjangan waktu.

Pada akhirnya, pemenang harus ditentukan lewat adu penalti. Pasukan Roberto Mancini keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2 setelah dua eksekutor Spanyol, Dani Olmo dan Alvaro Morata, gagal menuntaskan tugasnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tinggal Satu Sentimeter Lagi

Italia pun berhak melaju ke babak final berkat kemenangan ini. Sekarang, mereka tinggal menunggu hasil akhir laga semifinal lainnya antara Inggris melawan Denmark untuk mengetahui sang lawan di partai puncak nanti.

Kegembiraan jelas terpancar dari perkataan Leonardo Bonucci ketika bertemu RAI Sport usai pertandingan. Ia pun berharap mentalitas yang sama ditunjukkan oleh rekan-rekannya pada laga final.

"Sekarang tinggal satu sentimeter lagi, tinggal satu sentimeter lagi... Apa yang kami lakukan sungguh luar biasa. Kami tidak boleh merasa kenyang sekarang," ujar bek andalan Juventus tersebut.

"Kami sekarang berada di final, lima hari lagi, dan kami butuh rasa lapar serta semangat yang sama untuk membawa pulang trofi setelah bertahun-tahun lamanya," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Laga Terberat Buat Bonucci

Sudah jelas, Italia tidak meraih kemenangan. Sebaliknya, Gli Azzurri benar-benar dibuat menderita oleh permainan La Furia Roja. Bonucci menobatkan pertandingan ini sebagai yang terberat dalam karirnya di dunia sepak bola.

"Ini adalah pertandingan terberat yang pernah saya mainkan. Saya mengucapkan selamat kepada Spanyol atas apa yang mereka tunjukkan, tapi sekali lagi Italia menunjukkan hati, determniasi dan kemampuan untuk keluar dari momen yang sulit."

"Lotere penalti menjadi hadiah buat kami. Kemenangan yang membuat anda menderita selalu terasa paling menyenangkan," pungkasnya.

Ini adalah kali pertama Italia tampil di laga final Euro sejak 2012. Mereka juga pernah melakukannya di tahun 2000 dan 1968, dan hanya mampu memenangkan satu dari ketiga penampilan tersebut.

(RAI Sport - via Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR