Istimewa! Kalahkan Jerman, Inggris Torehkan 3 Catatan Istimewa

Richard Andreas | 30 Juni 2021, 04:30
Selebrasi Raheem Sterling usai mencegak gol di laga Inggris vs Jerman, 16 besar Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan atas Jerman di 16 besar Euro 2020 terasa sangat istimewa bagi Inggris. Akhirnya Inggris membuktikan diri sebagai tim yang harus diwaspadai, peluang juara terbuka lebar.


Selasa (29/6/2021), Inggris menundukkan Jerman dengan skor 2-0 dalam duel sengit di Wembley Stadium. Pertandingan sempat terkunci, tapi Inggris unggul dengan sentuhan kejutan di babak kedua.

Kemenangan ini sangat memuaskan bagi pasukan Gareth Southgate. Sejak awal turnamen Inggris diragukan, tidak benar-benar menang dengan meyakinkan.

Meski begitu, mereka terbukti bisa melangkah sampai ke perempat final. Kemenangan atas Jerman ini pun menyisakan sejumlah catatan istimewa bagi Inggris.

1 dari 3 halaman

Kemenangan pertama sejak 1996

Kemenangan atas Jerman kali ini seolah-olah jadi ajang pembalasan Gareth Southgate. Puluhan tahun lalu, Southgate jadi alasan kekalahan Inggri dari Jerman di Euro 1996.

Kini kedua tim bertemu kembali di ajang yang sama, terpaut puluhan tahun. Southgate berposisi sebagai pelatih dan kini berhasil mempersembahkan kemenangan untuk Inggris.

Tercatat, ini adalah kemenangan pertama Inggris atas Jerman di fase gugur turnamen mayor sejak tahun 1996 tersebut.

2 dari 3 halaman

Belum kebobolan

Catatan istimewa lainnya adalah ketangguhan Inggris di lini belakang. Meski sempat menunggu Harry Maguire pulih di beberapa laga awal, Inggris terbukti solid di lini belakang.

Faktanya hingga kini Jordan Pickford belum pernah memungut bola dari gawangnya. Inggris adalah satu-satunya tim yang belum kebobolan di Euro 2020.

3 dari 3 halaman

Rekor 55 tahun!

Tiga clean sheet di fase grup dan satu clean sheet di babak 16 besar. Inggris telah merangkai total 4 clean sheet beruntun, catatan istimewa lainnya.

Tercatat, ini adalah pertama kalinya Inggris bisa merangkai empat clean sheet beruntun sejak Piala Dunia 1966, alias 55 tahun yang lalu.

Sumber: Opta, ESPN

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR