Inggris Melaju ke Final Euro 2020, Gareth Southgate: Ini Tidak Normal!

Yaumil Azis | 8 Juli 2021, 09:28
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. (c) AP Photo

Bola.net - Inggris dipastikan melaju ke babak final usai mengalahkan Denmark di Wembley Stadium, Kamis (8/7/2021) dengan skor 2-1. Sebuah pencapaian yang jelas membuat sang pelatih, Gareth Southgate, bahagia.


Perlu diketahui bahwa Inggris belum pernah mencapai babak final di pentas besar selama 55 tahun terakhir. Tepatnya sejak mereka berhasil memenangkan trofi Piala Dunia di tahun 1966 silam.

Ketika masih bermain, Southgate pernah hampir membawa Inggris mencapai babak final Euro di tahun 1996 lalu. Sayangnya, ia gagal melaksanakan tugasnya sebagai algojo ketika Inggris beradu penalti dengan Jerman di babak semifinal.

Uniknya, Timnas Inggris asuhannya justru mencapai babak final berkat penalti, walaupun eksekusi Harry Kane mampu ditepis oleh Kasper Schmeichel. Untungnya bola bergulir kembali ke arahnya sehingga Kane bisa mencetak gol kemenangan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Tidak Normal

Rasa gembira Southgate nampak meluap-luap ketika dirinya bertemu awak media usai pertandingan. Ia bahkan sempat bercanda dengan dua pemain mudanya, Bukayo Saka dan Jude Bellingham.

Kedua pemain tersebut tidak berpartisipasi ketika Inggris dipaksa menelan pil pahit oleh Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2018 lalu. Mereka bahkan belum lahir ketika Southgate gagal membawa the Three Lions ke final Euro di tahun 1996.

"Saya baru saja memberitahu Saka dan Bellingham kalau ini tidak normal!" ujar Southgate kepada ITV usai pertandingan. "Saya merasa sangat bangga terhadap pemain-pemain saya," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Satu Rintangan Lagi

Kemenangan ini membuat Inggris berhak melaju ke babak final. Mereka ditunggu Italia yang sudah lolos sejak Rabu (7/7/2021) kemarin usai mengalahkan Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 4-2.

"Kami ada di final, kami harus menikmati fakta itu, tapi masih ada satu rintangan besar lagi untuk dicoba dan ditaklukkan," lanjut pria berusia 50 tahun tersebut.

"Italia adalah tim yang sangat bagus, mereka benar-benar menunjukkan performa yang luar biasa, punya bek petarung di belakang, ini akan menjadi pertandingan yang bagus untuk dinantikan," pungkasnya.

Inggris punya waktu beberapa hari untuk beristirahat sebelum berhadapan dengan Italia. Sebab pertandingan final baru akan digelar pada Senin (12/7/2021) mendatang di Wembley Stadium.

(ITV)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR