Inggris 2-0 Jerman, Ketika Efisiensi Menjadi Pembeda

Gia Yuda Pradana | 30 Juni 2021, 09:51
Euro 2020: Declan Rice vs Toni Kroos di laga Inggris vs Jerman (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Inggris sukses menaklukkan Timnas Jerman di babak 16 besar Euro 2020, Selasa (29/6/2021). Main di Wembley, Three Lions menang 2-0 dan lolos ke perempat final.


Inggris baru bisa memecah kebuntuan lewat gol yang dicetak Raheem Sterling di menit 75. Setelah itu, Harry Kane menggandakan keunggulan sekaligus menegaskan kemenangan Inggris dengan golnya di menit 86.

Jerman sejatinya bermain sedikit lebih dominan, baik dalam hal penguasaan bola maupun jumlah peluang yang diciptakan. Namun, serangan Inggris jauh lebih efisien, dan itulah yang menjadi pembeda.

1 dari 3 halaman

5 Shots, 2 Gol

Sepanjang laga, Inggris memiliki possession sebesar 47%. Dengan 53% penguasaan bola, Jerman mencatatkan jumlah shots lebih banyak, yakni sembilan.

Inggris hanya mampu melepaskan lima tembakan. Namun, ketika Jerman hanya punya tiga tembakan tepat sasaran, empat tembakan Inggris tepat mengarah ke gawang dan dua di antaranya terkonversi menjadi gol.

Gol Sterling tercipta lewat sebuah sontekan dari crossing mendatar Luke Shaw. Gol Kane tercipta lewat sudah sundulan rendah dari crossing pemain pengganti Jack Grealish. Dua assist itu semuanya berasal dari sisi kiri serangan Inggris.

2 dari 3 halaman

Kekalahan Pahit buat Jerman

Selebrasi Harry Kane, striker Inggris (c) AP Photo

"Anda bisa bayangkan sendiri betapa pahitnya hasil ini," kata gelandang Jerman, Toni Kroos, kepada ARD.

"Pertandingannya seimbang sampai mereka mencetak gol. Kedua tim saling mematahkan serangan."

"Efisiensi menjadi pembeda hari ini. Inggris hampir tak punya peluang sampai mereka unggul 1-0. Performa kami solid, tapi gol itu mengubah segalanya," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Ukraina vs Inggris di Kota Roma

Pelatih Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko (c) AP Photo

Lolos ke perempat final, lawan Inggris juga telah dipastikan. Mereka akan melawan Ukraina.

Ukraina lolos ke perempat final Euro pertama mereka usai mengalahkan Swedia 2-1 lewat extra time.

Main di Hampden Park, Glasgow, Ukraina unggul terlebih dahulu melalui gol Oleksandr Zinchenko menit 27. Swedia bisa membalas lewat gol Emil Forsberg menit 43. Swedia kehabisan tenaga setelah Marcus Danielson dikartu merah di menit 99, dan Artem Dovbyk kemudian mencetak gol di menit 121 untuk meloloskan Ukraina.

Ukraina vs Inggris akan digelar di Stadio Olimpico, Roma, Italia.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR