Hasil Spanyol vs Swiss: Skor 1-2

Abdi Rafi Akmal | 25 September 2022, 03:36
Para pemain timnas Swiss merayakan gol ke gawang Spanyol dalam lanjutan UEFA Nations League Grup A2, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo
Para pemain timnas Swiss merayakan gol ke gawang Spanyol dalam lanjutan UEFA Nations League Grup A2, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Spanyol secara mengejutkan merelakan puncak klasemen diserobot tim lain usai kalah 1-2 dari Swiss di Estadio de la Romareda, Spanyol, Minggu (25/9/2022) dini hari WIB, dalam lanjutan UEFA Nations League Grup A2.

Spanyol sebetulnya sangat dominan di babak pertama lewat penguasaan bola mencapai 73 persen. Namun, Spanyol justru tertinggal lebih dulu melalui sundulan Manuel Akanji di menit ke-21.

Dominasi Spanyol di babak kedua sama sekali tidak berkurang dan sempat menyamakan kedudukan di menit ke-54 melalui Jordi Alba. Namun, gol bunuh diri Eric Garcia melalui proses gol yang sama seperti gol pertama membuat Spanyol kembali tertinggal sampai akhir pertandingan.

Kekalahan ini memaksa Spanyol menyerahkan puncak klasemen Grup A2 kepada timnas Portugal, yang di saat bersamaan menang atas Republik Ceko. Spanyol terpaksa turun ke posisi dua dengan delapan poin. Swiss sendiri lega karena bisa lepas dari jerat degradasi sementara dengan kemenangan ini.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Ciri khas Spanyol untuk memainkan bola-bola pendek dari kiper tampak jelas di pertandingan ini. Walaupun tampak sangat oke saat fase bangun serangan, Spanyol secara garis besar di babak pertama tumpul di depan.

Spanyol yang sangat dominan dengan penguasaan bola justru kebobolan lebih dulu. Akanji berhasil membuat Swiss unggul di menit ke-21 melalui situasi tendangan sudut.

Spanyol sempat punya peluang menjanjikan di menit ke-31. Pergerakan cut inside Ferran Torres dari kanan ke tengah berakhir dengan tendangan ke gawang. Namun, tendangan tersebut gagal jadi ancaman karena melambung tinggi.

Swiss nyaris saja menggandakan keunggulan dua menit jelang waktu normal di babak pertama berakhir. Akselerasi dari Xerdan Shaqiri gagal dibendung pemain belakang Spanyol. Untungnya, Simon tampil sigap menghalau tendangan yang diarahkan ke tiang dekat.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Spanyol berhasil segera samakan kedudukan di menit ke-54 melalui sumbangan gol Alba. Ia berdiri bebas di sisi kanan pertahanan Swiss saat terima umpan matang dari Marco Asensio.

Gol kedua Swiss terjadi lewat situasi yang sama seperti gol pertama, hanya tiga menit setelah gol penyeimbang kedudukan dari Spanyol. Lagi-lagi Ruben Vargas mengirim umpan matang ke Akanji, yang kali ini sukses disambut dengan flick kepada Breel Embolo. Namun, gol disahkan sebagai gol bunuh diri Eric Garcia.

Swiss nyaris kebobolan lagi di menit ke-67. Renato Steffen yang baru masuk di babak kedua memberikan umpan yang salah kepada kiper Yann Sommer. Beruntung backpass gagal tersebut tidak bersarang ke gawang sendiri.

Lagi-lagi nyaris! Borja Iglesias yang menemukan celah di pertahanan Swiss mengirimkan umpan cutback. Bola tersebut disambar secara tidak sempurna oleh Carlos Soler. Tendangan mendatarnya masih terlalu lemah dan tepat di tangkapan Sommer.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta (Carlos Soler 87’), Eric Garcia, Pau Torres, Jordi Alba; Gavi, Sergio Busquets, Pedri (Macos Llorente 70’); Ferran Torres (Yeremi Pino 63’), Marco Asensio (Borja Iglesias 63’), Pablo Sarabia (Nico Williams 63’).
Pelatih: Luis Enrique

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez (Renato Steffen 46’); Remo Freuler, Granit Xhaka; Xerdan Shaqiri (Dan Ndoye 68’), Djibril Sow (Denis Zakaria 68’), Ruben Vargas (Michel Aebischer 79’); Breel Embolo (Haris Seferovic 87’).
Pelatih: Murat Yakin

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR