Hasil pertandingan Swiss vs Portugal: Skor 1-0

Richard Andreas | 13 Juni 2022, 03:49
Momen gol Haris Seferovic di laga Swiss vs Portugal, UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo
Momen gol Haris Seferovic di laga Swiss vs Portugal, UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo

Bola.net - Swiss membuat kejutan dengan menundukkan Portugal dalam duel matchday 4 Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23, Senin (13/6/2022). Skor tipis 1-0 menandai tiga poin perdana Swiss di kompetisi ini.

Bermain di Stade de Geneve, Portugal tampil lebih dominan sesuai dengan prediksi, tapi Swiss main lebih efektif. Serangan-serangan Portugal tidak bisa dituntaskan dengan baik, Swiss juga bertahan dengan cukup rapi.

Kali ini gol tunggal Swiss dicetak oleh Haris Seferovic saat pertandingan belum genap berjalan semenit. Swiss membuat kejutan ketika pemain Portugal belum siap.

Hasil ini tidak mengubah posisi Swiss di dasar klasemen sementara Grup 2 UEFA Nations League A 2022/23. Portugal, di sisi lain, harus rela disalip Spanyol di puncak klasemen sementara.

1 dari 2 halaman

Jalannya pertandingan

Granit Xhaka (depan) berduel dengan pemain lawan di laga Swiss vs Portugal, UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo

Granit Xhaka (depan) berduel dengan pemain lawan di laga Swiss vs Portugal, UEFA Nations League 2022/23 (c) AP Photo

Pertandingan baru dimulai dan Swiss langsung membuat kejutan. Menit pertama, serangan cepat Swiss dari sisi kanan berakhir dengan umpan silang Widmer yang disambut Seferovic di kotak penalti. Gol! Swiss 1-0 Portugal.

Gol cepat membuat Swiss bermain kian percaya diri. Menit ke-13, Swiss hampir mendapatkan penalti untuk pelanggaran Mendes terhadap Shaqiri. Namun, wasit melihat VAR dan memutuskan tidak ada penalti.

Intensitas tinggi di awal babak pertama terus bertahan hingga pertengahan. Portugal mulai lepas dari tekanan dan balas menyerang, tapi tidak ada gol balasan hingga 45 menit pertama berakhir.

Babak kedua, Portugal mencoba langsung menggebrak. Silva mendapatkan peluang matang di menit ke-50, tembakannya memaksa Omlin membuat penyelamatan gemilang.

Portugal terus mendominasi hingga menit ke-75. Peluang demi peluang bergantian tercipta, tapi belum juga ada gol balasan. Memasuki 10 menit akhir, intensitas serangan mulai meningkat.

Portugal dominan dan lebih banyak menguasai bola, tapi tidak ada pemain yang bisa menuntaskan peluang dengan baik. Hingga menit ke-80, serangan-serangan Portugal mudah dihentikan.

10 menit terakhir berjalan cukup intens, Portugal mencoba meningkatkan tempo, tapi Swiss bisa bertahan dengan baik. Rasa frustrasi terlihat di wajah pasukan Fernando Santos.

Tidak ada gol tambahan hingga akhir laga. Wasit meniup peluit panjang. Skor 1-0 untuk kemenangan Swiss.

2 dari 2 halaman

Susunan pemain

SWISS (4-3-3): Jonas Omlin; Silvan Widmer (46' Renato Steffen), Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez (79' Leonidas Stergiou); Remo Freuler, Granit Xhaka, Djibril Sow (79' Michel Aebischer); Xherdan Shaqiri (22' Noah Okafor), Haris Seferovic, Breel Embolo (65' Steven Zuber).

PORTUGAL (4-3-3): Rui Patricio; Nuno Mendes, Danilo Pereira, Pepe, Joao Cancelo; Otavio (46' Goncalo Guedes), Ruben Neves (82' Ricardo Horta), Bruno Fernandes (74' Matheus Luiz); Vitinha (62' Bernardo Silva), Andre Silva, Rafael Leao (62' Diogo Jota).

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR