BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Luksemburg vs Portugal: Skor 0-2

17-11-2019 23:07 | Richard Andreas

Cristiano Ronaldo merayakan gol ke-99 untuk Timnas Portugal pada kemenangan 2-0 atas Luksemburg, Minggu (17/11/2019). (c) AP Photo Cristiano Ronaldo merayakan gol ke-99 untuk Timnas Portugal pada kemenangan 2-0 atas Luksemburg, Minggu (17/11/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Portugal memastikan langkah ke putaran final Euro 2020 usai mengalahkan Luksemburg 2-0 pada laga kualifikasi, Minggu (17/11/2019) malam WIB. Portugal punya kesempatan mempertahankan gelar juara turnamen empat tahunan tersebut.

Dua gol Portugal lahir lewat aksi Bruno Fernandes di babak pertama dan disempurnakan Cristiano Ronaldo di akhir babak kedua. Portugal dominan, Luksemburg hanya mengandalkan serangan balik.

Kali ini, Cristiano Ronaldo dkk. memulai pertandingan ini dengan ambisi merebut satu tiket ke putaran final Euro 2020. Kemenangan bakal memastikan langkah mereka ke turnamen bergengsi Eropa tersebut.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Portugal tetap bisa bermain dengan nyaman. Kondisi lapangan yang tidak terlalu baik tidak mengganggu permainan mereka.

Luksemburg menyadari ancaman tim tamu, mereka lebih senang menunggu kesempatan serangan balik. Biar begitu, Luksemburg hampir selalu mengancam setiap kali mendapatkan kesempatan.

Pertandingan terkunci, kesempatan emas pertama justru berhasil diciptakan Luksemburg di menit ke-25. Menyambut umpan silang, tandukan Gerson Rodrigues nyaris menjebol gawang Rui Patricio.

Portugal membalas tak lama kemudian. Pizzi menerima umpan manis dari Andre Silva, tapi tembakannya masih melambung di atas mistar.

Terus mencoba, Portugal akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Berada di wilayah defensif, Bernardo Silva melepaskan umpan daerah ke depan kotak penalti lawan.

Bruno Fernandes dan Ronaldo berusaha menyambut manis tersebut, tapi kali ini Fernandes yang dapat. Kemudian dia terus berlari menembus kotak penalti dan melepaskan tembakan terukur ke sudut gawang, gol!

Luksemburg 0-1 Portugal di menit ke-39.

Satu gol ini terbilang menutup babak pertama lebih cepat. Tidak banyak peluang yang tercipta bagi kedua tim setelahnya.

Turun minum, Portugal unggul satu gol.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Portugal mencoba meningkatkan agresivitas serangan mereka. Portugal memburu gol kedua yang bakal mengakhiri perlawanan Luksemburg.

Sayangnya, setelah mencoba bermain agresif pada 10 menit awal, tempo permainan Portugal kembali menurun. Mereka hanya mengalirkan bola tanpa benar-benar mencoba menggebrak pertahanan lawan.

Luksemburg terus mencoba mencari celah, tapi kualitas tidak bisa dibohongi. Pemain-pemain Luksemburg tampak kesulitan ketika harus berduel satu lawan satu dengan pemain Portugal, banyak peluang terbuang sia-sia.

Portugal tidak benar-benar mengancam, serangan lewat kedua sisi sayap kerap terhenti. Ronaldo masih bermain dan tetap menjadi pusat serangan tim.

Peluang terbaik Portugal datang di menit ke-80, lewat tendangan bebas tepat di luar kotak penalti. Tentu Ronaldo maju sebagai eksekutor, sepakannya melengkung apik, sayangnya masih melebar.

Penantian Ronaldo akhirnya terbayar lunas. Bernardo Silva melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang disambut Diogo Jota. Terjadi kemelut, tembakan Jota masih sempat ditahan Moris.

Bola berada di posisi sulit untuk kiper Luksemburg itu dan tergelincir tepat ke depan gawang kosong. Ronaldo tentu tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Berdiri di posisi yang tepat, kapten Porgual ini hanya perlu mendorong bola ke gawang kosong untuk menggandakan skor. Gol!

Luksemburg 0-2 Portugal di menit ke- 86. Gol ini juga merupakan gol ke-99 Ronaldo untuk Timnas Portugal, koleksi luar biasa untuk pemain 34 tahun.

Tidak banyak peluang tercipta di sisa laga, Portugal tampak nyaman dengan keunggulan 2-0. Peluit panjang pun ditiup wasit, pertandingan berakhir dengan tiga poin untuk tim asuhan Fernando Santos.

Lewat kemenangan ini, Portugal memastikan langkah ke putaran final Euro 2020. Sang juara bertahan bakal berjuang mempertahankan trofi mereka.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

LUKSEMBURG XI (4-1-4-1): Anthony Moris; Laurent Jans, Maxime Chanot, Lars Gerson, Dirk Carlson; Aldin Skenderovic; Maurice Deville, Vincent Thill (82' Aurelien Joachim), Leandro Barreiro Martins (74' Daniel Sinani), Gerson Rodrigues; David Turpel.

PORTUGAL XI (4-2-3-1): Rui Patricio; Ricardo Pereira, Jose Fonte, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Danilo Pereira, Pizzi (62' Joao Moutinho); Bernardo Silva, Bruno Fernandes (90' Ruben Neves), Cristiano Ronaldo; Andre Silva (71' Diogo Jota).

KOMENTAR

Bulutangkis Sumbang Emas di SEA Games 2019