BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hasil Pertandingan Armenia vs Italia: Skor 1-3

06-09-2019 01:08 | Yaumil Azis

Pemain Italia merayakan golnya ke gawang Armenia dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020, Kamis (5/9/2019). (c) AP Photo Pemain Italia merayakan golnya ke gawang Armenia dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2020, Kamis (5/9/2019). (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Italia berhasil meraih kemenangan saat melawat ke markas Armenia dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020, Kamis (5/9/2019). Tim asuhan Roberto Mancini tersebut menang dengan skor 3-1.

Awalnya, Gli Azzurri sempat tertinggal lebih dulu setelah dibobol oleh Alexander Karapetyan pada menit ke-11. Italia baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-28 melalui aksi sang penyerang, Andrea Belotti.

Mimpi buruk Armenia datang jelang babak pertama usai setelah sang pencetak gol, Karapetyan, diusir keluar lapangan lantaran menerima kartu kuning kedua. Lalu, Italia berhasil berbalik unggul melalui sundulan Lorenzo Pellegrini di menit ke-77.

Belotti menambah penderitaan Armenia dengan gol keduanya yang lahir pada menit ke-80. Dengan demikian, Italia berhasil meraup tiga poin dari lawatannya ke markas Armenia serta mempertahankan posisi puncak klasemen Grup J dengan koleksi 15 poin.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Dibekali dukungan penuh suporter setianya, Armenia tampak percaya diri melakukan serangan ke daerah pertahanan Italia. Tekanan tinggi, bahkan di daerah pertahanan lawan, membuat mereka lebih sering menciptakan peluang pada menit-menit awal.

Hasilnya pun terlihat saat laga berjalan 11 menit. Armenia unggul berkat gol Aleksandre Karapetian. Mereka berhasil memanfaatkan kesalahan Nicolo Barella dan melakukan serangan balik. Karapetian kemudian melepaskan tembakan yang gagal dihalau Gianluigi Donnarumma. 1-0.

Begitu tertinggal, Italia langsung berbalik menguasai permainan. Pada menit ke-23, Federico Bernardeschi nyaris membungkam sorakan fans Armenia dengan tembakan jarak dekatnya. Beruntung bagi Armenia, Aram Hayrapetyan mampu melakukan penyelamatan apik.

Pertandingan berjalan dengan sengit, bahkan sedikit panas. Gelandang Italia, Marco Verratti, sempat berseteru dengan Gevorg Ghazaryan pada menit ke-26 karena saling adu mulut di tengah lapangan. Keduanya pun mendapatkan kartu kuning dari wasit.

Gli Azzurri melakukan serangan bertubi-tubi hingga memberikan hasil pada menit ke-28. Dari sisi kiri, Emerson Palmieri melakukan tusukan ke kotak penalti dan mengirim umpan silang. Andrea Belotti yang lepas dari pengawalan dengan mudah menjebol gawang Armenia. 1-1.

Mimpi buruk Armenia datang menjelang pertandingan berakhir. Sang pencetak gol, Karapetyan, harus diusir keluar lapangan oleh wasit usai diganjar kartu kuning kedua di masa injury time. Tak lama berselang, wasit mengakhiri babak pertama dengan skor imbang 1-1.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Armenia mengubah strateginya pada babak kedua. Tim asuhan Armen Gyulbudaghyants tersebut menurunkan intensitas tekanannya dan membiarkan Italia bermain lebih menyerang. Mereka lalu mencoba mencari peluang dari skema serangan balik.

Peluang emas pertamanya tercipta pada menit ke-60. Varazdat Haroyan mencoba menyambar bola hasil tendangan bebas Ghazaryan yang membentur pagar hidup Italia. Sayangnya, tembakannya masih melayang di atas gawang.

Skema yang sama terus dipertahankan Armenia hingga mimpi buruk tercipta pada menit ke-77. Bek Italia, Leonardo Bonucci, melihat celah dan mengirimkan umpan ke kotak penalti Armenia. Lorenzo Pellegrini berhasil mengkonversi umpan tersebut menjadi gol untuk Azzurri. 2-1.

Situasinya semakin menguntungkan bagi Italia. Andrea Belotti kembali membubuhkan namanya di papan skor tiga menit setelah gol Pellegrini. Usai mendapatkan operan dari Stefano Sensi, ia berduel dengan bek Armenia dan melepaskan tembakan dari jarak dekat. Gol keduanya pun tercipta dan skor berubah menjadi 3-1.

Tambahan waktu empat menit tak bisa dimanfaatkan Armenia untuk memperkecil kedudukan, alih-alih menyamakan. Alhasil, Italia pun keluar sebagai pemenang dan sukses meraup tiga poin dari Stadion Vazgen Sargsyan Republican.

3 dari 3 halaman

Susuna Pemain

Armenia (4-2-3-1): Aram Hayrapetyan; Hovhannes Hambardzumyan, Varazdat Haroyan, Andre Calisir, Kamo Hovhannisyan; Artak Grigoryan (Rumyan Hovsepyan 57'), Karlen Mkrtchyan; Tigran Barseghyan (Sargis Adamyan 57'), Henrikh Mkhitaryan, Gevorg Ghazaryan (Edgar Babayan 82'); Aleksandre Karapetian.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Alessio Romagnoli, Emerson; Marco Verratti, Jorginho, Nicolo Barella (Stefano Sensi 69'); Federico Chiesa (Lorenzo Pellegrini 61'), Andrea Belotti, Federico Bernardeschi (Kevin Lasagna 83').

KOMENTAR