Hasil Euro 2020 Ukraina vs Makedonia Utara: Skor 2-1

Serafin Unus Pasi | 17 Juni 2021, 21:55
Timnas Ukraina merayakan gol Andriy Yarmolenko ke gawang Makedonia Utara, Kamis (17/6/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Ukraina berhasil memetik tiga poin pertama mereka di Euro 2020. Berhadapan dengan Makedonia Utara, Ukraina berhasil menang dengan skor 2-1 di pertandingan matchday kedua Grup C Euro 2020.


Ukraina berhasil unggul lebih dahulu melalui gol Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk. Sementara Makedonia Utara berhasil memperkecil kedudukan melalui gol Ezgjan Alioski di babak kedua.

Pertandingan yang digelar di Arena Nationala ini berlangsung sengit. Sejak awal kedua tim langsung saling serang demi mengamankan poin pertama di laga ini.

Setelah melakukan saling serang, Ukraina yang sedikit lebih dominan berhasil membuka keunggulan di menit 29. Andriy Yarmolenko sukses melakukan tap in atas umpan mendatar Karavaev yang mengarah ke tiang jauh Makedonia Utara. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Ukraina.

Meski unggul 1-0, Ukraina kembali menggenjot serangan mereka. Benar saja, lima menit berselang anak asuh Andriy Schevchenko itu sukses menggandakan kedudukan.

Lolos dari jebakan offside, Yaremchuk berhasil menerima umpan terobosan dari Yarmolenko sebelum akhirnya ia melepas tembakan mendatar ke arah ujung kiri gawang Makedonia Utara. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Ukraina.

Makedonia Utara bukannya tanpa perlawanan di laga ini. Tim asuhan Igor Angelovski ini juga menekan dan membuat beberapa peluang di babak pertama.

Di menit 39, pendukung Makedonia Utara bersorak gembira ketika Goran Pandev melepaskan tembakan chip yang masuk ke gawang Ukraina. Namun sayang gol ini dianulir karena Pandev sudah berada dalam posisi offside setelah mendapatkan umpan. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Simak jalannya pertandingan di babak kedua di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tertinggal 2-0, Angelovski membuat dua pergantian di jeda pertandingan. Ia memasukkan Darko Churlinov dan Aleksandar Trajkovski menggantikan Spirovski dan Nikolov.

Di awal babak kedua ini, Makedonia Utara mencoba mengambil inisiatif serangan. Mereka mencoba menggempur pertahanan Ukraina demi memperkecil kedudukan.

Di menit 56, Dewi Fortuna tersenyum kepada Makedonia Utara setelah Karavaev tertangkap basah telat melepaskan tendangan sehingga mengenai kaki Goran Pandev, dan wasit tidak ragu menunjuk titik putih.

Alioski yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti gagal melakukan tugasnya setelah Buschan menepis sepakannya. Namun beruntung bola tepisan mengarah ke arahnya sehingga Alioski melepaskan tembakan rebound yang kali ini gagal diselamatkan Buschan. Skor berubah menjadi 2-1.

Gol Alioski ini meningkatkan kepercayaan diri Makedonia Utara. Mereka semakin aktif menyerang gawang Ukraina, meski Ukraina juga beberapa kali mengancam gawang Makedonia Utara.

Ukraina sebenarnya bisa mengunci kemenangan mereka di menit 84, setelah tembakan bebas Malinovsky mengenai tangan Avramovski. Malinovsky yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal melakukan tugasnya, karena arah bola dibaca sempurna oleh Dimitrievski.

Di sisa babak kedua ini, Makedonia Utara tampil lebih ngotot untuk menyerang. Namun beberapa peluang mereka digagalkan Buschan sehingga skor 2-1 bertahan untuk keunggulan Ukraina.

Berkat hasil ini, Ukraina menduduki peringkat tiga klasemen sementara Grup C Euro 2020 dengan raihan tiga poin. Sementara Makedonia Utara mengisi posisi juru kunci tanpa poin.

2 dari 3 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Ukraina (4-3-3): Buschan; Mykolenko, Matviyenko, Zabarnyi, Karavaev; Zinchenko, Stepanenko, Sharaparenko (Sydorchuk 79'); Malinovsky, Yaremchuk (Biesiedin 71'), Yarmolenko (Tsigankov 70')

Makedonia Utara (3-4-1-2): Dimitrievski; Musliu, Velkovski (Trickovski 86'), Ristovski; Alioski, Spirovski (Churlinov 46'), Ademi (Ristevski 85'), Nikolov (Trajikovski 46'); Bardhi (Avramovski 77'); Pandev, Elmas

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR