Hasil Euro 2020 Belanda vs Austria: Skor 2-0

Yaumil Azis | 18 Juni 2021, 03:57
Penyerang Belanda, Memphis Depay, merayakan golnya ke gawang Austria dalam laga kedua fase grup Euro 2020 pada Jumat (18/6/2021) dinihari. (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan kedua berhasil didapatkan Belanda di fase grup Euro 2020 hari Jumat (18/6/2021) dinihari tadi. Melawan Austria di Johan Cruijff ArenA, pasukan Frank de Boer menang dengan skor 2-0.


Dewi Fortuna sudah menunjukkan keberpihakannya kepada Die Oranje sejak awal pertandingan. Tepatnya pada menit ke-9, Belanda mendapatkan hadiah penalti setelah Denzel Dumfries dilanggar David Alaba di kotak terlarang.

Keputusan wasit sudah direstui oleh VAR. Memphis Depay yang ditunjuk sebagai eksekutor pun tidak menyia-nyiakan peluang di depan mata. Ia mengarahkan bola ke sisi kiri gawang dan membuat Belanda unggul 1-0.

Unggul satu gol tidak membuat Belanda puas. Pada menit ke-24, mereka mencoba mengkapitalisasi kesalahan Alaba lewat sepakan Depay. Sayangnya, penyerang Olympique Lyon gagal mengarahkan bola tepat ke gawang.

Sejumlah peluang emas diciptakan Belanda sepanjang babak pertama berlangsung. Sayangnya, mereka tak mampu mencetak gol tambahan sehingga jadilah babak pertama berakhir dengan skor 1-0 saja.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan tenang. Austria sendiri tidak melakukan perubahan yang signifikan meski sedang dalam kondisi tertinggal. Di babak ini, mereka masih sibuk mencoba mengatasi serangan Belanda yang bertubi-tubi.

Gol kedua nyaris tercipta pada menit ke-61. Berawal dari sepak pojok Depay, bola disundul Wout Weghorst dan tiba di kaki Stefan De Vrij. Pemain Inter Milan tersebut membelokkan bola ke gawang Austria, namun Daniel Bachmann menahannya dengan gemilang.

Enam menit berselang, gawang Austria benar-benar kebobolan. Dumfries sukses membubuhkan namanya di papan skor berkat bantuan Donyell Malen yang tidak egois dalam berbagi bola. Sejatinya, Malen bisa mencetak gol sendiri. Namun ia tetap memberikan bola kepada Dumfries untuk dijadikan gol. 2-0.

Austria hampir memperkecil skor di menit ke-84! Karim Onisiwo yang masuk di babak kedua sebagai pengganti menciptakan peluang lewat sundulan. Sayangnya, bidikannya mengarah tepat ke Maarten Stekelenburg. Sayang sekali!

Belanda mulai mengendurkan serangannya. Toh pada akhirnya, mereka tetap mendapatkan tiga poin dengan kemenangan 2-0 ini. Berkat ini, Die Oranje menjadi kontestan berikutnya yang dipastikan melaju ke babak 16 besar.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Belanda (3-4-1-2): Maarten Stekelenburg; Matthijs De Ligt, Stefan De Vrij, Daley Blind (Nathan Ake 64'); Denzel Dumfries, Marten De Roon (Ryan Gravenberch 74'), Frenkie De Jong, Patrick Van Aanholt (Owen Wijndal 65'); Georginio Wijnaldum; Wout Weghorst (Donyell Malen 64'), Memphis Depay (Luuk de Jong 82').

Austria (3-1-4-2): Daniel Bachmann; Aleksandar Dragovic (Philipp Lienhart 84'), David Alaba, Martin Hinteregger; Xaver Schlager (Karim Onisiwo 84'); Stefan Lainer, Konrad Laimer (Florian Grilltsch 62'), Marcel Sabitzer, Andreas Ulmer; Christoph Baumgartner (Valentino Lazaro 70'), Michael Gregoritsch (Sasa Kalajdzic 62').

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR