Gol Kedua Cristiano Ronaldo, Berbau Offside, tapi Sempurna!

Richard Andreas | 16 Juni 2021, 06:19
Momen gol kedua Cristiano Ronaldo di laga Hungaria vs Portugal, Euro 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo memborong dua gol dalam kemenangan 3-0 Portugal atas Hungaria, matchday 1 Grup F Euro 2020. Kedua gol ini mengantar Ronaldo jadi top scorer Euro sepanjang masa.


Duel yang dimainkan di Ferenc Puskas Stadium, Selasa (15/6/2021) kemarin sempat berjalan alot. Portugal dominan sejak awal, tapi masih belum bisa mencetak gol hingga memasuki 10 menit akhir.

Lalu momentum berubah usai Rafa Silva mencetak gol pertama Portugal di menit ke-84. Ronaldo lalu mencetak gol penalti di menit ke-87 untuk membawa tim unggul jadi 2-0, dan menambah satu gol lagi di menit ke-90+2.

Gol kedua Ronaldo inilah yang disorot lebih karena berbau offside. Benarkah demikian?

1 dari 2 halaman

Gol kedua Ronaldo

Momen gol kedua Cristiano Ronaldo di laga Hungaria vs Portugal, Euro 2020 (c) AP Photo

Momen gol kedua Ronaldo ini datang dari sisi kanan lini serang Portugal. Ronaldo membawa bola dan mengoper ke Rafa Silva.

Untungnya Rafa Silva memahami pergerakan Ronaldo dan langsung memantulkan bola tanpa mengontrolnya terlebih dahulu. Alhasil, Ronaldo lolos tipis dari jebakan offside.

Setelahnya Ronaldo lalu tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Tentunya kualitas Ronaldo tak perlu diragukan lagi, dia sangat tenang untuk mengitari kiper dan menjebol gawang Hungaria kedua kalinya.

2 dari 2 halaman

Bikin rekor

Dua gol Ronaldo untuk kemenangan Portugal kali ini juga menambah koleksinya jadi total 11 gol dalam kompetisi Euro. Ini juga jadi rekor baru.

Menurut Opta, Ronaldo jadi pemain pertama yang bisa mencetak 11 gol dalam sejarah putaran final kompetisi Eropa (Euro dan nama sebelumnya).

Ronaldo melampaui catatan Michel Platini yang sebelumnya memimpin dengan 9 gol dan total 11 gol itu masih sangat mungkin bertambah di sisa kompetisi kali ini.

Sumber: Opta

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR