Gelar Juara Euro 2020 untuk Jerman si Spesialis Turnamen, Ini 5 Alasannya

Gia Yuda Pradana | 7 Juni 2021, 10:19
Tim nasional Jerman (c) Pool via AP
Tim nasional Jerman (c) Pool via AP

Bola.net - Euro 2020 sudah berada di depan mata. Bagaimanakah peluang tim spesialis turnamen yang bernama Jerman?

Di setiap turnamen, Jerman hampir selalu menjadi salah satu kandidat juara. Kali ini pun demikian.

Kali ini, ada setidaknya lima alasan untuk memfavoritkan Die Mannschaft. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

Tim yang Solid dan Menakutkan

Jerman (c) AP Photo

Jerman (c) AP Photo

Nama-nama seperti Manuel Neuer, Mats Hummels, Joshua Kimmich, Toni Kroos, Serge Gnabry, Leon Goretzka, hingga Thomas Muller tentu sudah tidak asing bagi para pecinta sepak bola. Kualitas mereka tak perlu dipertanyakan.

Selain itu, kepercayaan diri Antonio Rudiger, Timo Werner, dan Kai Havertz, yang baru saja menjuarai Liga Champions bersama Chelsea juga bisa sangat berguna bagi tim nasional. Tak kalah penting, pelatih Joachim Loew mampu memadukan pemain-pemain ini menjadi satu tim yang solid, gigih, dan menakutkan.

2 dari 5 halaman

Grup Neraka

Grup F Euro 2020 (c) Bola.net

Grup F Euro 2020 (c) Bola.net

Jerman diundi masuk Grup F, grup neraka yang juga dihuni oleh Hungaria, juara dunia Prancis, dan juara bertahan Portugal.

Ini adalah grup yang sangat berat. Namun, ini juga bisa menguntungkan.

Jika bisa lolos dari grup neraka ini, bisa dibilang Jerman sukses menempa diri untuk menghadapi babak-babak selanjutnya. Kepercayaan diri mereka bakal meningkat. Tidak aneh jika kandidat juaranya berasal dari grup yang sulit ini.

3 dari 5 halaman

Sejarah di Piala Eropa

Euro 1996 (c) UEFA.com

Euro 1996 (c) UEFA.com

Jerman telah tampil di 12 edisi berbeda. Jerman pun tercatat sudah memainkan pertandingan lebih banyak (49) dan meraih kemenangan lebih banyak (26) daripada tim-tim lain di Piala Eropa.

Jerman sendiri telah menjuarai turnamen ini tiga kali pada tahun 1972, 1980, dan 1996. Baru Spanyol (1964, 2008, 2012) yang mampu menyamai perolehan gelar mereka.

4 dari 5 halaman

Puasa Gelar Sudah Cukup Lama

Brasil vs Jerman di semifinal Piala Dunia 2014 (c) AFP

Brasil vs Jerman di semifinal Piala Dunia 2014 (c) AFP

Terakhir kali Jerman jadi juara turnamen besar adalah di Piala Dunia 2014. Untuk Euro, Jerman terakhir kali berjaya pada 1996 silam.

Itu sudah cukup lama. Jerman tentu ingin mengakhirinya, sekaligus meraih titel Piala Eropa mereka yang keempat dan meninggalkan La Furia Roja serta tim-tim lainnya.

5 dari 5 halaman

Persembahan Terakhir Joachim Loew

Pelatih Joachim Loew dan kiper Manuel Neuer (c) AP Photo

Pelatih Joachim Loew dan kiper Manuel Neuer (c) AP Photo

Joachim Loew sudah melatih Jerman sejak 2006. Selama ini, dia sudah membawa Jerman menjadi runner-up Euro 2008, juara ke-3 Piala Dunia 2010, juara Piala Dunia 2014, dan juara Piala Konfederasi 2017.

Pada 9 Maret 2021, Loew mengumumkan bahwa dia akan mundur dari posisinya sebagai pelatih Jerman setelah Euro ini. Dia akan digantikan oleh Hansi Flick.

Ini akan menandai akhir perjalanan Loew bersama Jerman. Gelar juara Euro 2020 bisa menjadi persembahan pemungkas darinya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR