Gagal Paham dengan Inggris yang Belum Juga Memainkan Jadon Sancho

Yaumil Azis | 30 Juni 2021, 01:11
Winger Inggris, Jadon Sancho (c) AP Photo
Winger Inggris, Jadon Sancho (c) AP Photo

Bola.net - Kemenangan Inggris atas Jerman dalam laga 16 besar Euro 2020 hari Selasa (29/6/2021) meninggalkan rasa getir di lidah Jurgen Klinsmann. Eks pelatih Die Panzer itu bingung kenapa the Three Lions belum juga memainkan Jadon Sancho.


Sedari musim 2018/19, Sancho muncul sebagai salah satu sosok muda yang berpotensi menjadi pemain hebat di masa depan. Kemampuannya bahkan kian terasah setiap tahunnya bersama Borussia Dortmund.

Ia menutup musim 2020/21 dengan torehan 16 gol dan 20 asis di semua kompetisi. Torehan itulah yang membuat Timnas Inggris memanggilnya untuk mengikuti pentas Euro 2020. Sayangnya, ia tak kunjung diberi kepercayaan untuk tampil sejak menit awal.

Satu-satunya momen di mana batang hidung Sancho terlihat adalah ketika Inggris menghadapi Republik Ceko dalam laga terakhir fase grup. Itupun, pemain berusia 21 tahun tersebut hanya tampil selama enam menit saja.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Mempertanyakan Inggris

Mengapa Inggris tak kunjung memberikan kepercayaan kepada Sancho untuk tampil sebagai starter? Itu menjadi pertanyaan besar dalam setiap benak publik, terutama buat mereka yang mendukung Inggris di kompetisi ini.

Klinsmann, yang pernah bermain untuk Tottenham Hotspur, juga memiliki pertanyaan serupa. Ia tak habis pikir mengapa Inggris belum juga menurunkan Sancho yang dianggapnya sebagai pemain spesial.

"Kami tidak paham mengapa Jadon Sancho belum bermain untuk Inggris, atau mendapatkan menit bermain yang lebih banyak karena kami percaya bahwa dia adalah pemain yang sangat spesial," ujar Klinsmann kepada BBC.

"Dia memiliki perlengkapan yang berbeda, sulit diprediksi, jadi kami terkejut melihat dia tidak mendapatkan menit bermain yang lebih banyak," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Malang Nian Nasibnya

Inggris bisa mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 di Wembley Stadium. Ironisnya, Sancho tak diberi kesempatan tampil meski Inggris memiliki sisa jatah pergantian pemain yang sangat banyak.

Southgate hanya menggunakan dua jatah pergantian pemain untuk menurunkan Jordan Henderson dan Jack Grealish pada babak kedua. Meninggalkan Sancho yang menonton jalannya pertandingan di bangku cadangan.

"Itu adalah sebuah topik yang kami, orang-orang Jerman, telah diskusikan berulang kali," tutup pria yang juga pernah melatih Bayern Munchen dan Timnas Amerika Serikat.

Terlepas dari itu, kemenangan atas Jerman membuat Inggris berhak melaju ke babak perempat final. Mereka akan bertemu pemenang dari laga Swedia dan Ukraina yang bertanding pada Rabu (30/6/2021) dinihari.

(BBC Sports)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR